Hasil Reaktif, Ratusan KPPS Pesawaran Diganti

KBRN, Bandar Lampung : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran melakukan upaya antisipasi penyebaran covid 19 pada pelaksanaan Pilkada 9 Desember mendatang.

Selain terlah akan menerapkan protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pilkada nanti, KPU Kabupaten Pesawaran juga memastikan jajaran penyelenggara pemilu ditingkat KPPS, bebas dari virus Covid 19.

Ketua KPU Kabupaten Pesawaran Yatin Putro Sugino ketika dihubungi RRI mengatakan, guna memastikan jajaran penyelenggara pemilu terbebas dari virus Covid 19, pihaknya telah menggelar rapid test kepada 9 ribu 198 orang yang merupakan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Menurutnnya berdasarkan pelaksanaan rapid test bagi seluruh anggota KPPS yang dilaksanakan sejak tanggal 27 November hingga 4 Desember ini, terdapat sekitar 200 orang petugas KPPS yang reaktif.

Yatin mengatakan, ke 200 orang petugas KPPS yang diganti tersebut setelah dilakukan dua kali rapid test dengan hasil reaktif.

Sementara jika pada rapid test kedua diperoleh hasil non reaktif maka petugas KPPS bersangkutan tetap bertugas sebagai KPPS.

“Sekitar 200 KPPS yang kami ganti karena hasil reapid test yang dialkukan dua kali yang bersangkutan hasilnya reaktif,”jelasnya (04/12/2020).

Lebih lanjut dikatakan Yatin Putro Sugino, secara keseluruhan KPU Kabupaten Pesawaran telah siap dalam menggelar hajat demokrasi pemilihan umum Kepala daerah, berbarengan dengan 7 Kabupaten Kota lain di Provinsi Lampung.

Menurutnya pada pandemi Covid 19 saat ini, jajaran penyelenggara pemilu di Kabupaten Pesawaran telah menyiapkan metode pencoblosan dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Selain telah membagi waktu pencoblosan kepada pemilih menjadi beberapa shif pemilihan, KPU Kabupaten Pesawaran juga lanjutnya telah menyiapkan Alat Pelindung Diri mulai dari sarung tangan hingga prasarana cuci tangan, di 1.021 TPS yang tersebar di 144 Desa dan 9 Kecamatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00