KPU Lampung Yakinkan Masyarakat, Pilkada Terapkan Prokes Secara Utuh

Ketua KPU Lampung, Erwan Bustami/foto dok pribadi

KBRN, Bandarlampung : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung memastikan, pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 di delapan kabupaten/kota menerapkan protokol kesehatan secara utuh. Masyarakat diminta tidak khawatir datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya.

“Penerapan protokol kesehatan secara utuh ini berlaku di setiap tahapan Pilkada yang dijalankan oleh KPU sebagai penyelenggara,” tegas Ketua KPU Lampung, Erwan Bustami.

Dia mengatakan, sejak dimulainya pemutakhiran data pemilih, semua petugas PPDP di lapangan wajib mengikuti rapid test maupun memakai masker. Bahkan, rapid test dan pemeriksaan kesehatan sudah dilakukan KPU sebelum Menteri Kesehatan mengeluarkan surat edaran.

“Secara teknis, tahapan Pilkada sama dengan sebelumnya. Namun, karena Pilkada serentak tahun 2020 digelar di tengah pandemi Covid-19, tahapan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara utuh, termasuk pada hari pemungutan suara 9 Desember 2020,” tandasnya.

Erwan menambahkan, ada beberapa prinsip pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19. Pertama, perlindungan keamanan jiwa dan kesehatan yang maksimal terhadap semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada, mulai dari hulu sampai hilir tahapan Pilkada.

Selanjutnya, KPU juga tidak menginginkan klaster baru akibat dari penyelenggaraan Pilkada, serta dukungan anggaran dan logistik yang tepat waktu. Nantinya, pemilih yang datang ke TPS akan dijadwal, TPS diperbesar dan diprioritaskan di tempat terbuka, penyemprotan desinfektan, dan menyiapkan hand sanitizer atau fasilitas cuci tangan.

“Selain itu, untuk menjamin keamanan jiwa dan kesehatan, KPU juga mengurangi jumlah pemilih di setiap TPS yang semula sebanyak 800 menjadi 500 pemilih. Selain penyelenggara, sejumlah aturan khusus juga berlaku untuk seluruh peserta Pilkada,” pungkas Erwan Bustami.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00