Bawaslu Lampung Temukan Data Ganda Dalam Dukungan Ike-Zam

Anggota Bawaslu Lampung Adek Asy

KBRN, Bandar Lampung: Bawaslu Lampung menemukan data ganda atau nama-nama pendukung ganda yang masuk kembali ke dalam dukungan masa perbaikan calon calon perseorangan Ike Edwin-Zam Zanariah.

Sementara, nama-nama pendukung yang masuk kembali dalam Formulir B1.1 KWK Perseorangan ini, merupakan dukungan pertama yang sudah faktual sebelumnya.

“Kami heran, kenapa data dukungan ganda ini ada. Dukungan ganda kami temukan di Kelurahan Perumnas Way Halim, Jagabaya 1 dan Kelurahan Pasir Gintung, serta di Kecamatan Kemiling, ”ungkap Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Adek Asy'ari kepada  RRI.co.id , Selasa (11/8/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya sudah memerintahkan jajaran Bawaslu Kota Bandar Lampung untuk menindaklanjuti temuan dengan menyisir lebih jauh.

“Kami sudah perintahkan Bawaslu Bandar lampung menindaklanjuti temuan ini. Kami minta mereka menyisir lebih jauh. Bila diperlukan, minta keterangan dari KPU Kota Bandar lampung. Kenapa dukungan ganda Ike Edwin dan Firmansyah ini bisa lolos dan masuk dalam data dukungan perbaikan Ike Edwin-Zam Zanariah yang sekarang, ”tegasnya.

Adek juga menduga, data ganda yang masuk dalam dukungan calon calon perseorangan juga terjadi di kelurahan lain di Kota Bandar lampung.

“Bawaslu Kota Bandar lampung harus minta penjelasan KPU yang berkaitan dengan Silon. Buat apa ada Silon kalo tidak bisa melayani data ganda dan nama-nama pendukung yang lama. Ini harus ditindaklanjuti, karena tidak benar-benar tidak menguntungkan dan merugikan calon itu sendiri, ”pungkas Adek.

Formulir B1.1 KWK Perseorangan (Kepala Wakil Kepala), merupakan formulir daftar rekap dukungan calon perseorangan berbasis tingkat desa atau kelurahan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00