Persiapan Menghadapi PORProv IX, KONI Pringsewu Lakukan Assessment

KBRN, Pringsewu : Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pringsewu kembali melakukan assessment tes fisik, psikologi dan bioimpedence analysis untuk penjaringan atlet Pekan Olahraga Provinsi (PORProv) Lampung IX mendatang.

Kegiatan ini diikuti 108 atlet putra-putri dari 13 cabang olahraga, menghadirkan 10 assesor dari  Tim Binpres KONI Provinsi Lampung dan tim ahli dari Universitas Lampung.

Menurut Koordinator Assessment KONI Pringsewu Samsul Gustaf, kegiatan berlangsung di GOR Bumi Jejama Secancanan, Kabupaten Pringsewu, Rabu (25/05/22)

Assesment meliputi tes psikologi, BIA (Bioimpedence Analysis) serta tes fisik, sebagai upaya KONI Pringsewu dalam membimbing dan membina para atlet yang akan mewakili Kabupaten Pringsewu pada ajang PORProv 2022 mendatang. "Melalui assesment, KONI tidak hanya menerima data atlet di atas meja dan belum tahu kualitasnya, tetapi juga akan mengetahui kualitas yang sebenarnya", ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Pringsewu Dwi Pribadi mengatakan KONI Pringsewu berani melakukan terobosan baru dengan menerapkan assesment sport science ​​guna mengoptimalkan para atlet yang akan dipersiapkan untuk PORProv Lampung mendatang, untuk mengetahui kondisi tehnik dan fisik seorang atlet untuk mewujudkan program latihan yang maksimal. "Penerapan assesment sport science sudah diterapkan di daerah-daerah maju dan sudah terbukti ampuh menghasilkan altlet-atlet peraih medali emas. Untuk Kabupaten Pringsewu ini yang pertama dengan bekerjasama dengan KONI Provinsi Lampung dan Unila", katanya.

Wakil Ketua II KONI Provinsi Lampung yang membidangi Pembinaan Prestasi, Diklat, Litbang dan Sport Science yang juga selaku tim ahli keolahragaan Frans Nurseto mengatakan pengembangan olahraga tanpa assesment belum bisa dijadikan ukuran untuk profesional dan kualitas atlet. Karena bagi atlet berkelas harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. (*/ Isnanto Hapsara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar