Lampung Selatan Jadi Tuan Rumah Kompetisi Liga 3 Zona Lampung

KBRN, Bandarlampung :  Kabupaten Lampung Selatan resmi menjadi tuan rumah gelaran kompetisi Liga 3 zona Lampung. Dua stadion kebanggaan masyarakat Lampung Selatan yaitu Stadion Jati atau ZA Pagaralam dan Stadion Radin Intan Kalianda akan menjadi venue pertandingan. Hal ini terungkap dalam technical meeting Kompetisi Liga 3 Zona Lampung, yang digelar Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Lampung di Gedung Sumpah Pemuda PKOR Wayhalim, Bandar Lampung, Jumat (22/10/2021).

Ketua Asprov PSSI Lampung Eddy Syamsu mengaku bersyukur akhirnya Liga 3 zona Lampung akan segera digelar kembali. Menurutnya, dari 16 klub yang sebelumnya akan mengikuti kompetisi tersisa 14 yang resmi berkompetisi. Kompetisi sendiri akan dibagi masing-masing 4 grup.

"Kita pakai dua stadion yaitu Stadion ZA Pagar Alam dan Stadion Radin Intan Kalianda Lampung Selatan. Saya berterima kasih kepada Bupati Lampung Selatan dan semua pihak karena bisa segera menyelenggarakan Liga 3," kata dia, Jumat (22/10/2021).

Eddy juga menjelaskan, Liga 3 zona Lampung ini akan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketat sesuai aturan pemerintah. Semua peserta akan dilakukan tes swab dan juga vaksin, serta tidak diperbolehkan dihadiri penonton. "Penonton belum boleh datang. Apapun aturan pemerintah kita ikuti agar pelaksanaan liga 3 bisa berjalan lancar," jelas dia.

Sementara Sekretaris Asprov PSSI Lampung Mursalin Lamo mengungkapkan, Liga 3 akan dibagi 4 grup yang sudah dilakukan drawing yang melibatkan semua peserta. Ia mencatat dari 16 klub yang mendaftar kini dipastikan 14 klub yang ikut. "Dua klub PSBL dan SS Lampung FC batal ikut kompetisi," ungkap Olin sapaan akrabnya.

Nantinya, kata Olin, jadwal juga akan segera dirilis kepada semua pecinta sepakbola Lampung. Intinya ia berharap pelaksanaan Liga 3 zona Lampung akan berjalan lancar, dan pihaknya akan ketat melakukan prokes. "Kita harap berjalan lancar, dan kita himbau suporter untuk tidak hadir dipertandingan," harap dia.

Sebelumnya, Kompetisi Liga 3 zona Lampung akan kickoff atau bergulir pada 1 November 2021. Dalam drawing yang dilakukan PSSI Lampung, juara bertahan Liga 3 zona Lampung dikompetisi 2019 AD Sport akan tergabung di Grup B menghadapi Persilamtim, Persituba, dan klub penantang baru Farmers FC Tanggamus.

Uniknya, klub kuat dan runner up musim lalu SS Lampung FC batal mengikuti kompetisi tahun ini. Belum ada keterangan kenapa klub kebanggaan suporter BSS Lampung mundur. Ada juga klub mantan juara Persilat Lampung Tengah yang tidak mengikuti kompetisi ini. 

Klub Lampung Sakti yang lama menghilang pun diketahui tidak mendaftar untuk kompetisi tahun ini. Dua klub legendaris yaitu Lampung FC dan PSBL Bandar Lampung juga diketahui tidak mengikuti kompetisi. PSBL yang awalnya diprediksi ikut memilih mundur dari kompetisi. Klub milik eks Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin ini batal mengikuti kompetisi musim ini.

Berikut hasil drawing Klub Liga 3 zona Lampung :

Grup A1. Persilas Lampung Selatan2. Lampung United3. Persikomet Metro4. Bina Bangsa

Grup B1. AD Sport Bandar Lampung2. Persilamtim Lampung Timur3. Farmers FC Tanggamus4. Persituba Tulangbawang

Grup C1. Spektra Trisula FC2. Putra Way Kanan FC3. Putrad PB FC Lampung Tengah

Grup D1. Harnas 31 Group FC2. Krui FC Pesisir Barat3. PS Tanggamus

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00