Jumlah Kasus Terus Bertambah, Belum Genap Sebulan 2.363 Orang di Lampung Terpapar Corona

Tangkapan layar Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Dr. Reihana, M.Kes, saat memberikan keterangan

KBRN, Bandarlampung : Penyebaran kasus Covid-19 di Provinsi Lampung masih terbilang cukup tinggi. Bahkan belum genap sebulan sejak 1 hingga 21 Januari 2021, total kasus terkonfirmasi positif di Bumi Ruwa Jurai menembus angka 2.363 orang.

Berdasarkan data yang diolah RRI.co.id dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang saban hari di-update menunjukkan, sejak 1 Januari 2021 hingga hari ini kasus terkonfirmasi positif meningkat.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Dr. Reihana mengakui, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 memang terus mengalami penambahan.

"Angka kita (kasus) memang mengalami penambahan. Tapi masyarakat saya minta jangan panik, karena memang penambahan kasus ini sudah diprediksi sejak akhir tahun lalu pasca-libur Natal dan Tahun Baru," kata Reihana dalam keterangan resminya yang diunggah melalui WhatsApp Grup Covid-19 beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, meskipun vaksinasi Covid-19 di Provinsi Lampung sudah mulai dilakukan, namun masyarakat harus tetap konsisten mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, yakni memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, dan menjaga jarak, serta sedapat mungkin menghindari kerumunan.

"Dengan mematuhi protokol kesehatan, itu artinya masyarakat sudah ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Lampung," tandasnya.

Sebab Reihana bilang, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, tidak bisa hanya dilakukan dan dibebankan kepada kepada pemerintah.

"Pemerintah fokus dengan 3T, yakni testing, tracing, dan treatment serta isolation. Tentu masyarakat juga harus ikut membantu dan bekerjasama dengan pemerintah. Dengan kerjasama, kita bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Lampung," pungkas Reihana.

Secara akumulasi sejak Maret 2020 hingga saat ini total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Lampung tercatat sebanyak 8.654 orang.

Dari jumlah itu, 6.246 selesai isolasi dan sudah dinyatakan sembuh, 456 meninggal dunia, dan kasus suspek sebanyak 341 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00