ACT Lampung Gagas Lampung "Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa"

Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni, saat memberikan keterangan, Kamis (21/1/2021)/Foto : RRI

KBRN, Bandarlampung : Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung menggagas Gerakan Lampung "Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa". Program ini merupakan bentuk kepedulian terhadap bencana alam yang terjadi di Indonesia, diantaranya gempa di Sulawesi Barat, dan banjir di Kalimantan Selatan.

Lampung "Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa" ini merupakan gagasan ACT Lampung bersama sejumlah elemen masyarakat yang peduli terhadap banjir di Kalimantan Selatan dan gempa di Mamuju, Sulawesi Barat.

“Ini kan sebenarnya gerakan mengajak seluruh elemen masyarakat dengan tajuk Lampung Selamatkan Bangsa. Jadi kita lihat dari awal tahun ini sudah banyak musibah. Ini sekarang bertubi-tubi. Jadi kita mengajak karena kita pasti bisa,” jelas Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni, dalam keterangannya di Bandarlampung Kamis (21/1/2021).

Dian Eka Darma Wahyuni menambahkan, gerakan yang digagas ACT Lampung menargetkan mengumpulkan 1.000 ton bantuan berupa beras, pakaian baru, sembako, makanan, selimut, kasur, air minum dan lainnya.

Sebab dia memastikan, korban bencana di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat membutuhkan makanan, alas tempat tidir, sembako, susu, dan masker, lantaran musibah terjadi di tengah pandemi Covid-19.

“Seluruh bantuan yang terkumpul ditargetkan diangkut menggunakan kapal kemanusiaan pada minggu pertama bulan Februari mendatang,” pungkasnya.

Hingga kini ACT Lampung masih terus mengumpulkan barang kebutuhan dari berbagai donatur dan sejumlah komunitas di Lampung.

Nantinya akan ada tiga lokasi yang akan menjadi titik tolak pemberangkatan, yakni di Tanjung Priok, Jakarta, Tanjung Perak, Surabaya, dan Pelabuhan di Sumatera.

Bantuan yang sudah berhasil dikumpulkan akan disalurkan ke sejumlah daerah di Kalimantan Selatan, di antaranya Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kota Banjarbaru, dan Banjarmasin.

Sedangkan bantuan untuk korban gempa di Sulawesi Barat, akan disalurkan ke Mamuju, dan Majene.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00