HUT PGRI Tahun 2020 : Peran Guru Ditengah Pandemi

KBRN, Bandar Lampung: Hari Guru Nasional sekaligus Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang diperingati setiap tanggal 25 November diharapkan dapat menjadi momentum meningkatkan kwalitas tenaga pengajar dalam mencerdaskan anak bangsa.

Terlebih ditengah Pandemi Covid 19 saat ini, peran guru juga dapat sangat penting untuk tetap memberikan edukasi kepada anak didik, melalui berbagai metode yang telah ditetapkan pemerintah .

Ketua Dewan Pendidikan Lampung Mahfud Santoso kepada RRI mengatakan, untuk wilayah perkotaan, pelaksanaan metode pembelajaran dalam situasi Covid 19 ini masih dapat terlaksana dengan cukup maksimal, seperti dengan menggunakan metode pembelajaran yang berani.

Namun untuk wilayah perkotaan, menurutna terdapat berbagai mcam ramah tenaga guru untuk menyampaikan pembelajaran kepada siswa.

Sarana dan prasarana penunjang yang tidak dimiliki siswa sekolah, menjadi runyam dalam pelaksanaan metode pembelajaran online.

Sehingga guru bola diwilayah terpencil dalam upaya upaya mencerdaskan anak bangsa ditengah Pandemi Covid 19 saat perjuangan, dari pengawasan Dewan Pendidikan Lampung, tidak hanya harus tunduk materi dan tenaga, melainkan juga harus berhadapan dengan Pandemi Covid 19, karena guru yang harus melakukan jumput kekediaman siswa yang jarakrumahnya saling berhubungan antar siswa yang lain.

“Saya mengapresiasi kinerja guru ditengah Pandemi Covid 19 saat ini. Mereka tidak hanya materi berkorban, tapi juga mempertaruhkan kesehatan dan nyawa, ”tegasnya (25/11/2020).

Selain itu Mahfud Santoso juga kecewa dengan pemikiran masyarakat yang meminta agar situasi selama Pandemi Covid 19 saat ini, seluruh siswa dapat dibebaskan dari biaya wajib bulanan siswa kesekolah.

Padahal menurutnya, cukup banyak guru honorer yang diterjunkan untuk langsung melakukan pembelajaran tatap muka dengan sistem jumput bola.

“Saya kecewa jika ada masyarakat yang menyoal masalah mencari uang sekolah, padahal banyak guru honorer dipelosok yang tahapnya minim, terlibat langsung dalam sistem mengajar secara jumput bola pada situasi saat ini,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua PGRI Lampung Haryanto mengatakan, dengan tema peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tahun ini yaitu, Bangkitkan Semangat Wujudkan Media Belajar , diharapkan ditengah situasi Pandemi Covid 19 saat ini dan tenaga pengajar mengalami keterbatasan dalam mendidik siswa, namun seluruh guru harus tetap menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab kepada anak didiknya.

“Guru sebagai tenaga pengajar saya mengharapkan tetap semangat dalam menciptakan bangsa, meski dalam situasi sulit sekalipun,” ucapnya.

Terkait hal itu Haryanto berharap, agar masyarakat dan pemerintah dapat bersinergi dalam mendukung program pendidikan yang dilaksanakan guru kepada siswa, selama situasi Pandemi Covid 19 berlangsung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00