TNI Dan BPBD Antispasi Banjir Di Kota Bandar Lampung

KBRN, Bandarlampung : Komandan Kodim 0410 Kota Bandalampung Kolonel Infanteri Romas Herlandes mengatakan, jajaran TNI Kodim 0410 Kota Bandarlampung telah menyiagakan personil yang siap diterjunkan membantu masyarakat dalam penanggulangan bencana alam.

Menurutnya, wilayah Kota Bandarlampung memiliki potensi bencana alam khususnya saat musim hujan tiba.

Selain karena dilalui aliran sungai yang cukup besar yang sering meluap ketika terjadi peningkatan intensitas curah hujan, fungsi drainase diwilayah Kota Bandarlampung yang kurang maksimal, juga menurutnya menjadi penyebab terjadinya banjir yang kerap melanda Ibu Kota  Provinsi Lampung ini.

Sehingga lanjut Kolonel Infanteri Rhomas Herlandes, dengan kondisi tersebut, jajaran Kodim 0410 Kota Bandarlampung juga meminta peran aktif masyarakat dalam mengantisipasi sekaligus meminimalisir dampak bencana banjir diwilayah Kota Bandarlampung.

“Wilayah Kota Bandarlampung cukup rawan terjadi banjir saat musim hujan. Jadi kami telah menyiagakan personil yang siap diterjunkan kapan saja untuk membantu masyarakat sekaligus dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir saat musim hujan,” ungkapnya.

 Wilayah Kota Bandarlampung yang memiliki potensi tertimpa bencana banjir saat musim hujan tiba, juga diakui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung.

Sekretaris BPBD Provinsi Lampung, Indra Utama mengakui, bencana banjir tersebut menjadi bencana yang rutin melanda wilayah Kota Bandarlampung saat terjadi peningkatan intensitas curah hujan.

Sehingga menurutnya, program normalisasi aliran sungai, menjadi program yang harus dilakukan untum mengantisipasi terjadinya bencana banjir pada musim hujan tahun ini.

“Untuk pencegahan sebenarmya normalisasi aliran sungai, yang harus dilakukan. Selain itu sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran menjaga kondisi lingkungan, juga harus terus gencar dilakukan,” ujarnya.

Disisi lain Indra Utama mengatakan, selain Kota Bandarlampung, untuk wilayah Provinsi Lampung, dari pemetaan potensi bencana BPBD Provinsi Lampung, terdapat beberapa daerah yang sangat rawan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, diantaranya Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, Pesawaran dan Kabupaten Lampung Selatan.

Menurutnya kerusakan ekosistem hutan menjadi salah satu penyebab utama, timbulnya bencana banjir saat curah hujan mengalami peningkatan pada suatu daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00