Bandarlampung Kembali Zona Merah, Ini Penjelasan Satgas Penanganan Covid-19

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Dr. Reihana, M.Kes

KBRN, Bandarlampung : Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19  menyampaikan tentang perubahan zona di Provinsi Lampung berdasarkan update perkembangan kasus, Rabu (21/20/2020).

"Ada perubahan zona di Provinsi Lampung. Kota Bandarlampung ditetapkan menjadi zona merah penyebaran Covid-19. Penetapan kita dapatkan dari Satgas pusat pada Selasa kemarin," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana, Rabu malam.

Selain itu lanjut Reihana sebagian  kabupaten/kota di Provinsi Lampung masih berada di zona hijau, orange, dan kuning.

"Kabupaten/kota zona kuning dengan resiko rendah yakni Kabupaten Waykanan, Lampung Barat, Tanggamus, Kabupaten Pesisir Barat, Pringsewu, Lampung Timur, dan Kabupaten Lampung Selatan," urainya.

Sementara daerah yang berada di zona oranye (resiko sedang) di antaranya Kabupaten Tulangbawang dan Tulangbawang Barat, Lampung Tengah, Kabupate Lampung Utara, Metro, dan Kabupaten Pesawaran.

"Ada juga satu daerah yang mengalami perubahan status dari zona kuning ke zona hijau, yakni Kabupaten Mesuji," tandas Reihana. 

Dengan perubahan status Kota Bandarlampung dari zona oranye ke zona merah ini, Reihana meminta masyarakat untuk konsisten menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan secara konsisten.

"Ini (protokol kesehatan) harga mati. Harus terus menerus dilakukan secara konsisten dengan menerapkan 3M, jaga jarak, pakai masker dan mencuci tangan pakai sabun atau membawa hand sanitizer," tegas Reihana.

Sementara itu kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Lampung terus mengalami penambahan. Hari ini terjadi penambahan 44 kasus.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif berasal dari Bandarlampung sebanyak 27 orang, Kabupaten Lampung Utara 5 kasus, Tanggamus4 kasus, Kota Metro, Lampung Tengah, Lampung Timur masing-masing bertambah 2 kasus, serta Lampung Selatan dan Tulangbawang Barat masing-masing 1 kasus," tandasnya. 

Dari 44 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 30 kasus didapat dari hasil penelusuran (tracing) dan 14 lainnya merupakan kasus baru.

"Yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 40 orang dan 4 kasus lainnya dirawat di sejumlah rumah sakit di Lampung," pungkas Reihana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00