Ada Aplikasi Pandawa, Urus BPJS Kesehatan Dimasa Pandemi Lebih Mudah

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bandarlampung Agus Wibowo, S.Kom, saat memberikan keterangan kepada wartawan, Rabu (21/10/2020)

KBRN, Bandarlampung : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bandarlampung  menyosialisaikan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp atau Pandawa, Rabu (21/10/2020) siang.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bandarlampung Agus Wibowo, S.Kom menyampaikan, pihaknya saat ini memiliki Aplikasi Pandawa, yakni pelayanan tanpa tatap muka sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Jenis pelayanan yang diberikan ini dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp atau disebut Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa).

Hadirnya Pandawa diharapkan dapat mempermudah tata administrasi Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

"Pandawa ini diharapkan mampu mempermudah peserta JKN-KIS untuk mengakses pelayanan BPJS Kesehatan secara online. Layanan ini telah diberlakukan sejak 14 September 2020," jelasnya Rabu siang.

Untuk menikmati program ini masyarakat yang berdomisili di Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, dan Kabupaten Tanggamus, dapat menghubungi layanan WhatsApp di nomor 081278661061.

"Peserta tidak perlu datang cukup chat untuk akses layanan yang dibutuhkan. Artinya, aplikasi ini mampu menekan angka kunjungan ke kantor BPJS kesehatan," terang Agus Wibowo.

Agus berharap Aplikasi Pandawa dapat mengurangi resiko penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Kota Bandarlampung.

Layanan administrasi yang dilayani melalui Aplikasi Pandawa di antaranya pendaftaran peserta baru, pendaftaran bayi baru lahir, penambahan anggota keluarga, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, dan perubahan Fasilitas kesehatan (Faskes), perbaikan data ganda dan pengaktifan kembali.

Layanan Pandawa dapat diakses pada hari kerja mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB. Masyarakat cukup chat ke nomor whatsapp yang sudah disediakan kemudian peserta dihubungi dan dilayani sesuai kebutuhan administrasinya.

"Saya berharap masyarakat memanfaatkan Pandawa agar dimasa pandemi Covid-19 semua tetap terjaga, aman, tidak berkerumun dan tetap berada di rumah saja," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00