BEM FISIP UTB Tempa Mahasiswa Baru Lewat LKMTD

Kepala Biro Kemahasiswaan UTB Lampung, Jauhari, SE, saat membuka LKMTD di aula kampus setempat, Sabtu (3/10/2020)

KBRN, Bandarlampung : Seratusan mahasiswa baru dari berbagai jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Tulang Bawang (UTB) Lampung mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMTD) tahun 2020, di aula universitas setempat, Sabtu (3/10/2020).

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari ini dibuka oleh Kepala Biro Kemahasiswaan UTB Lampung Jauhari, SE, mewakili Rektor Agus Mardihartono.

Wakil Dekan FISIP UTB Lampung Thabita Carolina, S.Sos, M.S.i mengatakan, awalnya kegiatan dilakukan secara online. Namun dengan berbagai pertimbangan kegiatan akhirnya dilakukan tatap muka (offline).

"LKMTD ini untuk bekal bagi mahasiswa dalam berorganisasi baik internal maupun eksternal," terangnya.

Dia menjelaskan, LKMTD sengaja dimulai dari mahasiswa baru. Rencananya tahun depan akan ada latihan tingkat lanjut.

"Ini syarat untuk masuk dan menjadi pengurus, baik di BEM Fakultas maupun di  Universitas," tegas Thabita.

Sementara Kepala Biro Kemahasiswaan, Jauhari, SE, mengatakan kegiatan ini (LKMTD) sebagai upaya menanamkan kepemimpinan sejak dini.

"Kegiatan ini sangat penting, untuk meningkatkan kualitas generasi muda, khususnya mahasiswa UTB," katanya.

Dengan LKMTD diharapkan akan tumbuh mahasiswa yang mampu bersaing dan bisa mengelola organisasi secara baik. 

"Mahasiswa harus senang berorganisasi baik di dalam maupun di luar kampus. Itu sebabnya mahasiswa harus dibekali dengan materi yang positif," tegas Jauhari.

Semangat belajar disertai wawasan yang luas lanjut Jauhari harus terus tumbuh. Sebab sejarah bangsa akan ditentukan oleh mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan, patriotisme, serta cinta tanah air.

"Kita (UTB) punya peran yang cukup strategis dalam menghasilkan lulusan yang dapat menjawab tantangan ke depan," pungkasnya.

Selain mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi, kegiatan juga diikuti mahasiswa Bisnis, Administrasi Publik, Fakultas Hukum, dan Peternakan, dengan total peserta sebanyak 102 mahasiswa.

Kegiatan diisi materi dari sejumlah narasumber, diantaranya Wakil Dekan FISIP UTB Lampung, Thabita Carolina, S.Sos, M.S.i, Kaprodi Administrasi Publik, Rosidah, S.Sos, M.S.i, Suradi, SE, MM, mantan Presiden BEM Erwin Satria, MP. S.I.Kom, Anggita Lestari, S.I.Kom, serta praktisi media LPP RRI Bandarlampung Ikhwan Wijaya.

Meskipun dilakukan secara tatap muka, namun panitia dan seluruh peserta tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan menjaga jarak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00