Dilakukan Secara Daring, Rektor Kukuhkan Mahasiswa Baru

Rektor UIN Raden Intan Prof Dr Moh. Mukri, saat mengukuhkan mahasiswa baru secara daring, Jumat (25/9/2020)

KBRN, Bandarlampung : Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Dr Moh Mukri MAg mengukuhkan 5.069 mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Jumat (25/9). 

Pengukuhan berlangsung secara virtual. Sebelum dikukuhkan, mahasiswa mengikuti rangkaian kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) secara daring yang berlangsung selama 3 hari.

Saat kegiatan pengukuhan, mahasiswa juga membacakan pakta integritas sebagai komitmen menjadi mahasiswa UIN Raden Intan.

"Apa yang ada di fakta integritas adalah sebuah komitmen untuk prasyarat  terselenggaranya kampus UIN yang menebarkan Islam rahmatan lil ‘alamin, Islam yang santun, Islam yang membawa kedamaian, Islam yang merangkul bukan yang memukul," tegas Rektor, dalam keterangan resmi yang diterima rri.co.id.

Menurutnya, hal ini harus menjadi komitmen, bukan sekadar diucapkan tetapi menjadi perilaku. Rektor mengungkapkan, PBAK dan kuliah daring ini hanya jarak fisik, tetapi hati dan tujuan satu yakni terselenggaranya kebaikan, kemajuan dan kualitas yang diinginkan bersama.

Dalam masa pandemi Covid-19, dia juga mengingatkan untuk membangun kesadaran penerapan protokol kesehatan.

"Kita menjadi pionir, kita (harus) menunjukkan kepada dunia, UIN Raden Intan Lampung punya kesadaran tinggi. Kegiatan (daring) diselenggarakan untuk menjaga dan menyelamatkan nyawa manusia," ungkapnya.

Prof Mukri melanjutkan bahwa nyawa manusia harus di atas segala-galanya. "Menjaga keselamatan jiwa orang lain Itu hukum tertinggi. Tidak ada hukum yang lebih tinggi ketimbang mengutamakan keselamatan orang," jelasnya.

Rektor berharap kepada para mahasiswa agar dapat menjadi generasi yang bermanfaat bagi keluarga,  bangsa, dan masyarakat.

Melalui PBAK, mahasiswa diberikan materi tentang visi, misi, program dan tujuan UIN Raden Intan Lampung mulai dari tingkat universitas sampai ke program studi. Hal ini guna memberikan arah dan informasi dalam menunjang kelancaran serta keberhasilan studi.

Mahasiswa juga dikenalkan dengan tri darma perguruan tinggi dan aktivitas kemahasiswaan melalui organisasi kemahasisswan (ormawa) atau penelusuran minat dan bakat.

Selain itu, peserba PBAK dibekali materi tentang Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama serta Wawasan Penangkalan dan Bahaya Narkoba.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00