Reihana Benarkan Satu Pejabat Publik di Way Kanan Positif Covid-19

Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana saat memberikan penjelasan terkait kasus konfirmasi positif Covid-19 asal Kabupaten Way Kanan, Senin (10/8/2020)

KBRN, Bandarlampung : Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyampaikan penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19, Senin (10/8/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan, total penambahan sebanyak sembilan kasus, tujuh diantaranya berasal dari Kabupaten Way Kanan.

"Iya, benar ada pejabat publik yang terkonfimasi positif Covid-19 asal Kabupaten Way Kanan. Saat ini menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Provinsi Lampung, karena ada keluhan sesak napas, dan ada penyakit penyerta, serta karena faktor usia," terang Reihana, Senin petang.

Dia menjelaskan, pasien 310, yang merupakan pejabat publik di Way Kanan, memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta. "Beberapa hari pergi pulang ke Jakarta. Selama 14 hari terakhir, beliau memang tidak ada di Bandarlampung," jelasnya.

Selain pasien 310 yang disebut-sebut Wakil Bupati Way Kanan Edwar Antoni, Reihana juga memastikan 6 kasus lain merupakan hasil tracing dari pasien bersangkutan.

"Semuanya (enam orang) positif Covid-19 tak bergejala. Mereka merupakan pegawai, bukan dari keluarga pasien 310. Saat ini enam pasien positif menjalani isolasi di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH)," tegas Reihana.

Menurut Reihana, akan segera dilakukan  rapid tes massal di Way Kanan. Namun terkait sterilisasi di Kantor Pemerintah Kabupaten Way Kanan, diserahkan ke pemerintah setempat.

“Sterilisasi di kantor Pemda sepenuhnya kebijakan dan kewenangan pemerintah setempat, termasuk keputusan meliburkan pegawai," tandasnya.

Reihana memastikan, Dinas kesehatan Provinsi Lampung akan melakukan tracing terhadap kontak erat pasien 310. "Kita lakukan tracing. Jika ditemukan kasus positif, kita tracing lagi dan bergulir seperti snow ball," tegas Reihana lagi.

Reihana berharap pasien 310 sehat, kuat dan segera pulih kembali menghadapi Covid-19. "Mudah-mudahan beliau sehat dan pulih kembali. Saya tidak melihat jabatan seseorang. Kami membantu dan melaksanakan tugas. Siapa saja yang terkonfirmasi positif Covid-19, kami tidak akan sebutkan identitasnya secara terbuka, meski infonya ada dua pejabat publik lain," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00