Peringati Hari Veteran Nasional 2020, LVRI-MRI ACT dan PPM Tabur Bunga

Suasana tabur bunga LVRI, PPM, MRI-ACT Lampung di Taman Makam Pahlawan, Senin (10/8/2020)

KBRN, Bandarlampung : Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT Lampung turut serta dalam kegiatan tabur bunga bersama LVRI dan Resimen DPD PPM Provinsi Lampung di Taman Makam Pahlawan Nasional Tanjung Karang, Senin (10/08/2020).

Kegiatan dalam rangka peringatan Hari Veteran Nasional 2020 yang diikuti belasan Veteran Pejuang Kemerdekaan dan Keturunan Veteran ini berlangsung secara khidmat.

Ketua PPM Provinsi Lampung Dr. Raja Agung Kusuma, MH mengatakan dalam rangka hari Veteran Nasional 2020 menyelenggarakan ziarah ke makam pahlawan, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan video conference bersama Pengurus Pusat LVRI Jakarta.

“Dalam rangkaian kegiatan ini, juga dilakukan deklarasi komitmen untuk menjadi pahlawan kemanusiaan bersama MRI -ACT Lampung,” jelasnya.

Ketua LVRI Provinsi Lampung Mayor (Purn) S Subardi menjelaskan di bulan Agustus ada dua peristiwa bersejarah yang pertama Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 kemudian yang kedua Hari Veteran Nasional.

Hari Veteran Nasional ditetapkan berdasarkan sejarah terjadinya gencatan senjata dan berlangsungnya perundingan karena dilihat banyak jatuh korban antara pejuang Indonesia dan bangsa Belanda, dari hasil gencatan senjata dan perundingan menghasilkan penyerahan kedaulatan negara dari Pemerintah Belanda kepada Pemerintah Indonesia.

Program dari Legiun Veteran Republik Indonesia bersama Pemerintah dan masyarakat tetap melanjutkan pewarisan nilai-nilai juang 45 bersama penerus bangsa. Nilai-nilai juang tersebut diantaranya nilai kesetiakawanan, nilai-nilai kepahlawanan dan nilai nasionalisme.

Nilai tersebut untuk saat ini dirasa sudah mulai berkurang sehingga bersama PPM dan MRI-ACT Lampung ingin menunjukan baktinya kepada Pemerintah dalam wujud pelestarian dan pewarisan nilai juang 45 kepada penerus bangsa.

“Harapanya generasi penerus akan berhasil seperti keberhasilan para pendahulu. Dalam proses sosialisasi tetap berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Untuk peringatan tahun ini kami sederhanakan karena situasi Covid, tetap menerapkan protokol kesehatan, kita tetap mendukung program pemerintah,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni mengatakan kehadiran MRI-ACT Lampung dalam kegiatan tabur bunga merupakan bentuk simpati terhadap perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain mengikuti tabur bunga, tim juga membagikan 50 paket bingkisan cinta berisi roti, susu berkalsium, sari kacang hijau, telur, dan Pisang. Paket tersebut merupakan hasil pengumpulan Lumbung Sedekah Pangan yang sudah di Launching pada pekan lalu.

“Hari ini kami membagikan 50 paket bingkisan dari Program Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan, harapanya pejuang maupun keluarga yang perekonomianya masih minim bisa merasakan kebahagiaan dan bertambah nutrisinya, Selamat Hari Veteran ke 71 Republik Indonesia,” tutupnya.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00