Ini Strategi Provinsi Lampung Cegah Penyebaran Wabah Corona Gelombang Kedua

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Dr. Reihana, M.Kes

KBRN, Bandarlampung : Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung telah menyiapkan beberapa strategi untuk mencegah penyebaran Corona gelombang kedua.

"Kita sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi penyebaran Corona gelombang kedua. Tapi mudah-mudahan tidak terjadi di Lampung," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana, Rabu (8/7/2020).

Dia menjelaskan, setidaknya ada tiga strategi yang sudah disiapkan untuk menghadapi gelombang kedua wabah Corona di Provinsi Lampung.

"Yang pertama kita harus meningkatkan kapasitas untuk mendeteksi dengan perluasan kontak dan tracing. Kedua, meningkatkan pencegahan dengan memperketat protokol kesehatan, dan pengetatan pintu-pintu masuk, dan yang ketiga, meningkatkan kapasitas petugas survelains dan fasilitas kesehatan dengan baik," paparnya.

Reihana meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, untuk menghalau gelombang kedua virus Corona  di Lampung.

"Protokol kesehatan itu harga mati. Harus dilakukan secara konsisten. Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau membawa hand sanitizer," pungkas Reihana.

Saat ini total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Lampung berjumlah 202 orang. Dari jumlah itu, 31 pasien masih dirawat, dan 12 lainnya meninggal dunia.

Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) saat ini sebanyak 182 orang dengan 145 orang di antaranya dinyatakan negatif, 5 pasien masih dalam perawatan dan pengawasan, 32 lainnya meninggal dunia.

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 3.668 orang, dengan rincian, 3.585 telah selesai dari pemantauan, 39 orang masih dalam pemantauan dan 10 orang meninggal dalam status ODP.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00