Percepat Penaganan Bencana Kebakaran Pemkot Tambah Lima Unit Damkar

KBRN, Bandar Lampung : Guna mempercepat pelayanan dalam pengagulangan bencana Pemkot Bandar Lampung tambah lima unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang distanbykan di Kecamatan.

Walikota Bandar Lampung Herman HN, Rabu (04/12/2019) mengecek langsung  kondisi lima unit mobil Damkar di halaman sekratariat pemkot Bandar Lampung.

Dalam kesempatan tersebu, kepada sejumlah awak media, Walikota  menjelaskan, bahwa penambahan lima unit damkar tersebut guna mempercepat pelayanan kepada masyarakat yang mengalami musibah bencana.

Ia juga menjelaskan bahwa dengan adnya penambahan lima unit mobil damkar tersebut maka jumlah damkar yang baru sebanyak 12 unit yang siap beroperasi dan stanby  24 di Kantor kecamatan.

Disamping itu ada 3 unit damkar yang sedang diperbiki yang nantinya diharapkan dari 20 kecamatan yang ada 15 unit yang sudah ada damkar nanti ditahun mendatang diharapkan ada lagi penambahan.

Sehingga nantinya setiap kecamatan memiliki satu unit damkar yang stanby dan siap setiap saat untuk melayani masyarakat yang membutuhkan, tapi  untuk saat ini 20 kecamtan tersebut sudah memiliki kendaraan yang stanby karena ada 7 tangki suply air yang di siagakan.

Lebih lanjut Herman HN, menjelaskan total 12 unit mobil damkar yang baru tersebut diluar 7 unit kendaraan tanki air yang juga diperuntukkan untuk membantu dalam penanggulangan atau melayani masyarakat yang terkena musibah atau bencana.

"Pemadam kebakaran sekarang  yang stanby benar kita  12 baru semua, namun ada lagi yang kita perbaiki mudah-mudahan di 2020 sekitar 15 yang stanby diluar 7 tanki, yang sebelunya distanby kan di kecamatan jadi sebenarnya 20 kecamtan yang ada sudah memiliki kendaraan damkar yang stanby,"Ujar  walikota.

Sementara itu Kepala pelaksana Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung, Samsul Rahman menjelaskan pengadaan damkar yang baru lima unit, satu unit sedang dalam perbaikan sehinga semunya berjumlah 13 unit damkar.

 "ya jadi Damkar kita ini 5 pengadaan baru  satu masih dilakukan perbaikan di jakarta,  5 itu akan 5 unit ini akan ditempatkan di kecamatan, yang lama mobil suply kita bawa ke tendean dan mobil damkar masuk ke kecamatan semua,” jelasnya.

Lebihblanjut Samsul Rahman menjelaskan total anggaran pengadaan 5 unit damkar baru tersebut sebesar Rp 6,3 miliar. Damkar yang ada tentunya juga dapat membantu di wilayah-wilayah sekitar di luar Bandar Lampung seperti Natar dan Pesawaran.

Asalkan pihaknya  diminta dan ada yang bertanggungjawab, seperti camat atau lurahnya. Karena sebagaimana perintah  wali kota  untuk dapat melayani.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00