BMKG Memprediksi Musim Hujan Di Lampung Terjadi Pada Pertengahan November Hingga Desember

KBRN, Bandar Lampung : Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung Masgar Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung memprediksi, musim hujan diwilayah Lampung secara umum akan terjadi pada rentan waktu pertengahan bulan November hingga pertengahan Desember mendatang.

Forcaster BMKG Masgar Kabupaten Pesawaran, Eva Nurhayati kepada RRI menjelaskan, prediksi musim hujan tersebut karena berdasarkan pengamatan yang dilakukan stasiun klimatologi BMKG Masgar Pesawaran, angin pembawa uap air akan tiba diwilayah Lampung pada pertengahan November hingga Desember nanti.

Menurutnya dari pengaamatan stasiun Klimatologi, wilayah Lampung bagian barat, menjadi daerah pertama yang akan mengalami musim hujan pada tahun ini. Sementara untuk wilayah Provinsi Lampung yang diprediksi akan mengalami musim hujan lebih lambat dari daerah lain, menurutnya adalah wilayah Lampung  Selatan bagian Selatan.

Dengan adanya prediksi tersebut, Eva Nurhayati berharap, pemerintah dan masyarakat dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan bencana yang dapat terjadi pada saat musim hujan tiba nanti.

"Untuk musim hujan diwilayah Lampung, kami prediksi terjadi pada pertengahan November hingga pertengahan Desember. Tapi untuk sifat hujannya belum merata keseluruh wilayah Lampung,"jelasnya (11/11/2019).

Sementara terkait dengan fenomena cuaca angi kencang yang melanda hampir seluruh wilayah Provinsi Lampung dalam beberapa hari terakhir ini, Eva Nurhayati mengatakan, fenomena cuaca angin kencang, lazim terjadi selama masa pancaroba atau peralihan musim.

Fenomena cuaca angin kencang tersebut diorediksi BMKG akan terjadi hampir diseluruh wilayah Provinsi Lampung, hingga pertengahan bulan November ini.

Selain fenomena angin kencang, Eva Nurhayati menjelaskan, selama masa pancaroba, wilayah Provinsi Lampung juga akan mengalami peningkatan suhu udara dengan kisaran 1 hingga 2 derajat celcius.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00