DPB, KPU Lampung Hapus 5.620 Pemilih

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami (tengah) dan Anggota KPU Divisi Datin Agus Riyanto (kanan) saat rekapitulasi DPB/foto: dokumentasi

KBRN, Bandarlampung: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menghapus 5.620  pemilih dari data pemilih, lantaran tidak memenuhi syarat (TMS).

Sebanyak 5.620 pemilih itu terdiri dari pemilih meninggal dunia 2.264 orang, pemilih ganda 808 orang, pindah domisili 2.526 orang, dan bukan penduduk 22 orang.

"Selain menghapus pemilih TMS, kami juga mencatat ada penambahan pemilih baru sebanyak  2.870 orang," kata Divisi Datin KPU Provinsi Lampung, Agus Riyanto, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/12/2021).

Agus bilang, jumlah itu merupakan hasil rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) yang berasal dari 15 kabupaten/kota, dengan 229 kecamatan dan 2.640 desa/kelurahan se-Provinsi Lampung.

"Rapat rekapitulasi periode November 2021 kami lakukan kemarin diikuti 15 KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung secara daring," paparnya.

Hasil rekapitulasi DPB periode November 2021 lanjut Agus, sebanyak 5.978.467 pemilih, berkurang dari DPB periode Oktober yang berjumlah 5.981.217 pemilih.

Agus menyampaikan, KPU Provinsi Lampung mengapresiasi kerja keras KPU kabupaten/kota yang telah melakukan kerja-kerja pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Termasuk lembaga terkait yang ikut serta memberikan masukan, saran dan tanggapan, seperti Bawaslu kabupaten/kota, partai politik, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, TNI/Polri.

"KPU Provinsi Lampung dan KPUkabupaten/kota membuka diri dan dengan  senang hati menerima bila ada masukan dan saran perbaikan dari masyarakat, karena peran serta dan partisipasi aktif masyarakat menjadi bagian penting dari kesuksesan pemilu dan demokrasi di Indonesia," tandas Agus.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar