Polda Jajaki Ganjil Genap di Bakauheni dan Tol saat Nataru

Petugas saat memeriksa kendaraan di tol Kota Baru/foto: dok

KBRN, Bandarlampung: Meskipun belum diputuskan waktu pelaksanaannya, namun Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung berencana memberlakukan sistem ganjil genap kendaraan yang masuk Pelabuhan Bakauheni dan Jalan Tol Trans Sumatera.

Kebijakan tersebut diambil untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Sistem ganjil genap ini berlaku di seluruh jalan tol baik yang ada di Pulau Jawa maupun Sumatera,” papar Direktur Lalu Lintas Polda Lampung Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma.

Selain di ruas Jalan Tol Trans Sumatera, pemberlakuan sistem ganjil genap juga diharapkan bisa diterapkan di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan.

“Penerapan sistem ganjil genap di Pelabuhan Bakauheni ini diharapkan bisa langsung terintegrasi pada saat calon penumpang melakukan pemesanan atau pembelian tiket,” tandasnya.

Ditlantas Polda Lampung melihat pemberlakuan sistem ganjil genap atau penyesuaian nomor plat kendaraan di jalan tol dan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, akan mengurangi penumpukan kendaraan yang akan berlibur saat Nataru.

Selain itu, kebijakan tersebut juga diyakini bisa mengurangi kemacetan, mengingat saat ini pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai assessment.

Pemerintah Pusat telah membatalkan kebijakan PPKM Level 3 yang sebelumnya akan diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia.

Pencabutan dilakukan, karena sejauh ini Indonesia berhasil menekan angka kasus konfirmasi Covid-19 harian dengan stabil di bawah angka 400 kasus, dan dalam beberapa hari terakhir kasus aktif serta jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit menunjukkan tren penurunan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar