Mingrum Gumay Hadiri Kongres PA GMNI

Mingrum Gumay yang juga Ketua DPRD Lampung menghadiri Kongres PA GMNI/foto: istimewa

KBRN, Bandarlampung: Ketua DPD Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional (PA GMNI) Provinsi Lampung Mingrum Gumay didampingi Sekretaris Zulfahmi Hasan Azhari menghadiri Kongres ke-IV yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, di Bandung, Jawa Barat, Senin (06/12/2021).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan GMNI harus terdepan untuk merawat pancasila dan UUD 45 serta memperkokoh persatuan dan nasionalisme.

"Globalisasi melahirkan kompetisi yang hyber, tapi kita harus mendahuluinya serta memenangkannya, untuk mendahuluinya kita tidak mungkin menggunakan jalan yang sama," ungkap Jokowi melalui virtual.

Ketua Umum DPP Persatuan Alumni GMNI Ahmad Basarah juga berharap para alumni GMNI senantiasa membawa nilai-nilai nasionalisme di manapun dan apapun profesinya.

"Alumni GMNI menghadirkan sarjana-sarjana dari berbagai disiplin ilmu dan perguruan tinggi. Banyak yang mengabdi di jalan politik menjadi anggota DPRD provinsi, kabupaten/kota, dan DPR RI, menjadi birokrat, jaksa, hakim, bahkan pernah menjadi presiden," kata Ahmad Basarah.

Mantan Sekjen Presidium GMNI 1996-1999 itu menyampaikan Kongres IV PA GMNI yang diselenggarakan pada 6-8 Desember di Bandung bukan tanpa pertimbangan.

"Kami sengaja memilih Kota Bandung sebagai tempat kongres, bukan hanya karena gubernurnya seorang nasionalis dan sangat mengagumi pemikiran-pemikiran Bung Karno. Namun, di Kota Bandung inilah, Bung Karno menggali ide-ide nasionalisme dan marhaenisme. Banyak sekali yang diberikan Bung Karno, bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga dunia," tandasnya.

Saat ditemui, Ketua DPD PA GMNI Provinsi Lampung, Mingrum Gumay mengungkapkan Kongres ke-IV PA GMNI merupakan rangkaian panjang penggalian ide dan gagasan implementatif tentang nasionalisme Indonesia saat ini dalam menjawab tantangan zaman.

"Kongres sangat relevan dengan kondisi saat ini di mana dunia tengah mengalami disrupsi dan juga ancaman ideologi-ideologi transnasional yang masuk ditengah-tengah kita, karenanya tema kongres kali ini Menjawab Tantangan Zaman diharapkan dapat melahirkan ide-ide besar serta dapat diterapkan di masing-masing daerah," pungkas Mingrum yang juga Ketua DPRD Provinsi Lampung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar