Tahun Depan IPLT Bakung Mulai Beroperasi

IPLT Bakung/istimewa

KBRN, Bandarlampung: Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) di TPA Bakung, Telukbetung Barat, Kota Bandarlampung, direncanakan mulai beroperasi tahun depan. Pengelolaan IPLT dilakukan oleh pemerintah untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandarlampung, Iwan Gunawan mengatakan melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Lampung, Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun IPLT Bakung.

Menurut Iwan Gunawan, proses pembangunan IPLT Bakung di atas lahan seluas sekitar 5.000 meter² itu sudah hampir rampung.

“Sekarang pembangunannya sudah sekitar 98%. Mulai awal tahun depan sudah bisa beroperasi. Nanti pengelolaannya dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandarlampung, untuk menambah PAD,” kata Iwan Gunawan.

Sementara itu Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana menyebut IPLT Bakung menjadi kebanggaan lantaran keberadaannya merupakan satu-satunya di Provinsi Lampung.

“Nantinya pemerintah akan berkeliling mulai dari rumah, perkantoran, puskemas, sekolah, hingga perguruan tinggi, untuk melayani jasa penyedotan tinja. Selanjutnya tinja akan diolah di IPLT menjadi pupuk,´ terang Eva Dwiana.

Tidak hanya membangun IPLT, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR juga akan memberikan pelatihan kepada operator mesin, masing-masing 2 orang dari Dinas PU Kota Bandarlampung dan 2 orang dari PD Kebersihan.

Diketahui, pasca direvitalisasi, IPLT Bakung dibangun oleh Kementerian PUPR sejak April 2021 lalu. Pembangunan dilakukan PT Permata Anugerah Yalasamudra selama 240 hari kalender dengan nilai kontrak lebih dari Rp 12 milyar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar