Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal: Budaya Gotong Royong Mulai Hilang

Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal saat memberi keterangan kepada wartawan di RRI Bandarlampung/foto : Robby (RRI)

KBRN, Bandarlampung: Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat berkomitmen untuk menjaga, melestarikan serta mengembangkan adat istiadat dan budaya di daerah. Hal tersebut dilakukan, lantaran budaya gotong royong dan tolong menolong di tengah masyarakat sudah mulai hilang.

“Budaya itu merupakan ciri khas yang harus dijaga oleh pemerintah agar tidak punah dan tergerus karena kemajuan zaman,” kata Agus Istiqlal, di Bandarlampung, Kamis (2/12/2021).

Agus Istiqlal mengakui jika budaya gotong royong dan tolong menolong di tengah masyarakat sudah mulai hilang. “Yang di depan mata budaya gotong royong dan tolong menolong sudah mulai hilang,” paparnya.

Dia bilang, hal tersebut juga menjadi salah satu alasannya menggandeng A. Zulqoini Syarief, yang juga Tokoh Adat Sai Batin Marga Belimbing, untuk mendampinginya memimpin Kabupaten Pesisir Barat pada Pilkada Serentak Tahun 2020.

“Saya yakin beliau (Zulqoini Syarief) memahami budaya, etika, serta adat istiadat,” tandas Agus Istiqlal.

Selain menjadi tugas pemerintah, Agus Istiqlal juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat untuk ikut menjaga, melestarikan, mengembangkan serta menggali adat istiadat dan budaya daerah di tengah gencarnya budaya asing.

Kabupaten Pesisir Barat yang menyandang Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama memang dikenal kaya akan seni dan budaya, yang telah diwariskan secara turun temurun oleh para leluhur pada masa silam.

Berbagai potensi yang dimiliki tersebut diharapkan memberi ruang strategis kepada masyarakat dalam mengekspresikan seni budaya yang tumbuh dan berkembang, agar keragaman budaya lokal yang dimiliki tidak punah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar