Penerapan PPKM Kurangi Kecelakaan di Jalan Tol

Suasana di pintu tol Kota Baru/foto: dok

KBRN, Bandarlampung: Sepanjang tahun 2021 kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Penurunan tersebut imbas dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) selama pandemi Covid-19.

Pengurangan mobilitas masyarakat selama pandemi Covid-19 membuat angka kecelakaan di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di wilayah Lampung mengalami penurunan.

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma kecelakaan lalu lintas di  JTTS di wilayah Lampung lebih dari 100 kasus.

“Dari jumlah tersebut ada 25 orang lebih yang meninggal dunia. Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas JTTS wilayah Lampung salah satunya disebabkan karena human error,” papar Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma.

Berdasarkan data selama periode Januari hingga Oktober 2021 kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas JTTS khususnya di wilayah hukum Polda Lampung menyebabkan 28 orang meninggal dunia, 51 luka berat dan 46 lainnya mengalami luka ringan.

Sedangkan pada periode Januari-Desember 2020 lalu, tercatat ada 81 kecelakaan lalu lintas, dengan rincian 56 meninggal dunia, 66 luka berat, dan 55 luka ringan.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan tol, Direktorat Lalu Lintas Polda Lampung memasang kamera ETLE dan Speed Gun untuk mengukur kecepatan setiap kendaraan yang masuk jalur tol.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar