FOKUS: #PPKM MIKRO

Bandara Raden Intan II Masih Wajibkan Penumpang PCR

Executive General Manager Bandara Raden Inten II, M Hendra Irawan/RRI

KBRN, Bandarlampung: Pengelola Bandara Radin Inten II masih mewajibkan penumpang menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan PCR, lantaran sejumlah daerah di Jawa-Bali, masih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3.

“Meskipun ada sejumlah kelonggaran dalam penerapan PPKM, namun kami masih memberlakukan sejumlah syarat bagi pelaku perjalanan yang akan menggunakan pesawat udara,” terang Executive General Manager Bandara Raden Inten II, M Hendra Irawan, Minggu (19/9/2021).

Dia mengatakan, salah satu persyaratan yang wajib dibawa oleh calon penumpang di Bandara Raden Intan II, Lampung Selatan, yakni hasil negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan berbasis PCR.

“Persyaratan ini wajib dan diberlakukan bagi seluruh calon penumpang dengan daerah tujuan yang hingga kini masih menerapkan PPKM Level 3, seperti DKI Jakarta, karena rata-rata destinasi ada di Jakarta,” tandasnya.

Hendra meminta kepada calon penumpang untuk memperhatikan persyaratan yang berlaku di bandara asal dan bandara tujuan untuk memastikan kelancaran proses keberangkatan dan kedatangan di bandara.

Diketahui penerapan PPKM di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali, hingga kini masih berlangsung. Namun sejumlah kegiatan masyarakat di masa perpanjangan PPKM mulai dilonggarkan.

Sesuai ketentuan, kedatangan penumpang dari luar Jawa dan Bali, atau keberangkatan dari Jawa dan Bali ke luar Jawa dan Bali, wajib menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama, serta menunjukkan hasil negatif Covid-19 berdasarkan pemeriksaan PCR.

Selain itu calon penumpang juga diminta melakukan tes Covid-19 di laboratorium atau fasilitas kesehatan yang terintegrasi dengan aplikasi milik Kementerian Kesehatan, agar hasilnya dapat langsung dikirim ke akun PeduliLindungi.

Untuk memudahkan calon penumpang, PT Angkasa Pura II telah menyiapkan infrastruktur seperti mesin verifikasi dan QR Reader untuk membaca QR Code di aplikasi PeduliLindungi, sebagai bagian untuk memproses keberangkatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00