Riana Sari Arinal: Pentingnya Membangun Ketahanan Keluarga Selama Pandemi

Riana Sari Arinal dalam Webinar Nasional FORHATI Lampung

KBRN, Bandarlampung: Pelantikan Pengurus Wilayah Forum Alumni HMI Wati (FORHATI) Provinsi Lampung Periode 2021-2026 dihadiri Ketua TPP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, sebagai Keynote Speaker secara daring melalui Zoom dan Youtube Minggu (1/8/2021). Kegiatan pelantikan dan webinar nasional ini mengusung tema Upaya Penanggulangan Covid-19 Dari Perspektif Agama, Ekonomi, Kesehatan. Mengawali sambutannya Riana menjelaskan ada 8 fungsi keluarga, yaitu sebagai:

  1. Fungsi Agama
  2. Fungsi Sosial Budaya
  3. Fungsi Cinta Kasih
  4. Fungsi Perlindungan
  5. Fungsi Reproduksi
  6. Fungsi Sosialisasi Pendidikan
  7. Fungsi Ekonomi
  8. Fungsi Lingkungan

Riana juga menyampaikan pentingnya mengaktualisasikan fungsi keluarga agar ketahanan keluarga dapat dipelihara dengan baik.

“Semakin baik ketahanan keluarga semakin baik pula kemampuan kita dalam menghadapi rintangan. Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang luar biasa terhadap ekonomi sosial hampir seluruh lapisan masyarakat. Seperti hilangnya mata pecaharian kepala keluarga dan pendampingan belajar anak anak secara daring” jelas Riana

Riana juga menambahkan bahwa pandemi berdampak juga terhadap peningkatan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Riana berharap setiap keluarga harus bisa meningkatkan komunikasi dan interaksi, mendorong ekspresi saling peduli agar bisa bersama menghadapi pandemi. 

“Momen berkumpul bersama keluarga juga harus dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. Manfaat berkumpul keluarga adalah untuk membangun ketahanan keluarga. Bermain bersama, menonton film, membaca bersama merupakan contoh kegiatan yang dapat diterapkan dalam keluarga selama pandemi” pungkasnya

TP-PKK Provinsi Lampung lanjut Riana juga telah melakukan Gerakan Berbagi Masker. Dalam hal ini kami bisa langsung terjun ke masyarakat memberikan edukasi ke beberapa titik-titik yang sudah disiapkan oleh pemerintah. TP- PKK juga diusahakan selalu membawa masker lebih ketika berpergian sehingga masker tersebut dapat diberikan kepada orang yang tidak memiliki masker. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00