FOKUS: #PPKM MIKRO

Kabar Gembira, Pekerja di Bandarlampung dan Metro Dapat Bantuan Rp1 Juta

Ilustrasi pekerja perempuan/net

KBRN, Bandarlampung: Pemerintah akhirnya akan memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021 sebesar Rp1 juta kepada pekerja terdampak pandemi Covid-19.

Namun bantuan yang akan diberikan itu hanya dialokasikan kepada pekerja di daerah yang menerapkan PPKM Level 3 dan PPKM Level 4.

"Jadi tidak semua pekerja dapat BSU. Hanya untuk PPKM Level 3 dan Level 3. Artinya hanya peserta yang terdaftar di Kota Bandarlampung dan Kota Metro saja," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bandarlampung, Widodo, kepada wartawan Minggu (1/8/2021).

Bantuan tersebut lanjutnya diberikan sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No.16/2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 14/2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh dalam Penanganan Dampak Covid-19.

Meskipun demikian Widodo menjelaskan pihaknya belum mengetahui secara pasti jumlah pekerja yang akan menerima bantuan tersebut.

Sebab pihaknya akan melakukan olah data terlebih dahulu, lantaran tidak semua pekerja di Provinsi Lampung akan mendapatkan bantuan.

Widodo bilang, sesuai ketentuan BSU diberikan kepada pekerja dengan kepemilikan nomor induk kependudukan dan peserta aktif program BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021 dan berpenghasilan paling banyak Rp3,5 juta per bulan.

"Penerima BSU ini diutamakan pekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan, dan sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.

Ia memastikan bantuan subsidi gaji/upah itu diberikan dalam bentuk uang Rp500 ribu per bulan yang akan dibayarkan sekaligus untuk dua bulan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00