FOKUS: #PPKM MIKRO

Ini Aturan yang Dilonggarkan pada Perpanjangan PPKM Level 4 di Bandarlampung

Wai Kota Bandarlampung Eva Dwiana /ist

KBRN, Bandarlampung : Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Bandarlampung resmi diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Meskipun PPKM Level 4 di Kota Bandarlampung diperpanjang, namun sejumlah sektor diberi beberapa kelonggaran.

Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana mengatakan, menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 COVID-19 di Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua, pihaknya memberikan kelonggaran.

"Kita mendapatkan kelonggaran, tapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman pengusaha, kafe, restoran yang ada di Bandarlampung," kata Eva Dwiana, kepada wartawan, Senin (26/7/2021).

Berikut sejumlah sektor yang diberikan kelonggaran selama PPKM Level 4 di Bandarlampung.

1. Pasar tradisional dan pasar basah, diizinkan buka dari pukul 07.00-17.00 WIB, dengan menerapkan protokol kesehatan.

2. Pedagang kaki lima, toko kelontongan, agen voucher/pulsa, barber shop atau pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, pasar lowak, pasar burung/unggas, pasar batik (garmen), bengkel kecil, cucian kendaraan, diizinkan buka dari pukul 08.00-15.00 WIB, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

3. Warung makan (warteg), pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya,diisinkan buka dibatasi dari pukul 07.00-21.00 dengan menerapkan protokol kesehatan 5M.

4. Rumah makan (restoran), kafe, yang berada di lokasi sendiri dapat melayani makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 25 persen. Serta melayani take away, dari pukul 07.00-21.00 WIB, dengan protokol kesehatan.

5. Kegiatan pada pusat perbelanjaan, mall, pusat perdagangan, ditutup sementara, kecuali akses untuk restoran, supermarket, pasar swalayan, diperbolehkan beroperasi dengan ketentuan jam operasional dari pukul 07.00-20.00 WIB, hanya menerima take away dan tidak menerima makan di tempat.

6. Kegiatan olahraga, hanya boleh diselenggarakan oleh pemerintah, tanpa ada penonton.

"Selain itu, Simpur, Pasar Tengah, dan Bambu Kuning sudah boleh dibuka. Mudah-mudahan masyarakat dapat  memahami bahwa apa yang dilakukan cukup berat. Tapi dengan kerjasama dari kita semua, kita semua berdoa, Kota Bandarlampung segera masuk zona aman," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00