Ini Pesan Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Lampung Kepada Milenial

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Lampung, Dr. Reihana/RRI

KBRN, Bandarlampung : Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung menyatakan, kelompok milenial memiliki peran besar membantu pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19, dengan cara disiplin mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Dr. Reihana mengatakan dirinya masih kerap menemukan dan melihat langsung kelompok milenial yang mengabaikan protokol kesehatan (Prokes).

“Iya masih ada walaupun tidak banyak. Di sejumlah tempat nongkrong, misalnya di café. Kadang mereka (milenial) abai terhadap prokes, salah satunya tidak memakai masker. Kalau kebetulan saya lihat, langsung saya tegur,” kata Dr. Reihana, Senin (21/6/2021).

Meskipun tidak ada larangan untuk tetap beraktifitas di luar rumah, namun Reihana meminta milenial tidak mengabaikan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

“Kalau milenial mengabaikan prokes, risiko terpapar virus Corona cukup besar dan berdampak terhadap anggota keluarganya yang ada di rumah. Kan kasihan,” tandasnya.

Meskipun demikian Reihana menambahkan, milenial sebaiknya menghindari budaya nongkrong di tempat keramaian, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik ketika bertemu atau berkenalan, serta menggunakan masker ketika beraktifitas di luar rumah.

“Memang sebaiknya di rumah saja kalau tidak ada keperluan yang benar-benar mendesak. Apalagi saat ini katanya ada varian baru. Jadi harus lebih ketat menerapkan protokol kesehatan,” papar Reihana.

Bahkan, masyarakat yang selama ini hanya memakai masker satu lapis, mulai kini disarankan menggunakan dua lapis masker, untuk menghindari mutasi varian baru Covid-19.

“Tapi masyarakat juga harus tahu bagaimana menggunakan masker dua lapis itu. Soalnya kan suka sesak kalau belum terbiasa,” pungkasnya.

Selain itu, masyarakat diminta tetap konsisten mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik di air mengalir, mengkonsumsi makanan bergizi dan multivitamin, serta rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00