Waspada Gelombang Tinggi Diwilayah Perairan Lampung Selama Masa Pancaroba

KBRN, Bandarlampung : Masa peralihan musim atau pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau tahun ini yang diprediksi stasiun BMKG Lampung bulan Mei ini, selain berpengaruh terhadap potensi cuaca ekstrime, juga akan berpengaruh terhadap tinggi gelombang diwilayah perairan Lampung.

Kepala BMKG Maritim Lampung Andi Cahyadi mengatakan, pada masa peralihan musim hujan kemusim kemarau ini, akan berpengaruh terhadap pola kecepatan angina.

Sehingga menurutnya dengan fenomena alam tersebut, juga diprediksi akan mempengaruhi tinggi gelombang laut, khususnya diperairan Lampung. Andi Cahyadi mengatakan, dari pengamatan dan analisa BMKG Maritim Panjang, selama masa pancaroba, tinggi gelombang diwilayah perairan Lampung akan mencapai kisaran dari 1 hingga 4 meter.

“Masa pancaroba atau peralihan musim hujan ke musim kemarau memang berpengaruh terhadap potensi terjadinya cuaca ekstrime, termasuk diwilayah perairan. Dampak cuaca ektstirime untuk wilayah perairan ini yang harus diwaspadai adalah peningkatan tinggi gelobang,”ungkapnya Kamis (6/5/2021).

Lebih lanjut dikatakan Andi Cahyadi, untuk wilayah perairan Teluk Lampung, tinggi gelombang diperkirakan dapat mencapai hingga 1,5 meter.

Dengan tinggi gelombang tersebut menurutnya cukup membahayakan nelayan tradisional yang menggunakan perahu kecil dalam menjalankan aktivitasnya dilaut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00