Tak Dilengkapi Surat Bebas Covid-19, Bus Asal Pulau Jawa Diminta Putar Balik

KBRN, Bandarlampung : Sebanyak 3 unit bus yang melintas di titik penyekatan exit tol Kota Baru, diperintahkan untuk putar balik oleh petugas pada Kamis (6/5/2021) dini hari.

Tindakan tegas ini dilakukan lantaran mereka tidak bisa menunjukan surat vaksin maupun surat keterangan bebas Covid-19 kepada petugas.

Penyekatan ini dilakukan, menjelang pemberlakuan larangan mudik mulai hari ini, Kamis 6-17 Mei 2021 mendatang.

Diketahui 3 bus yang mengangkut puluhan penumpang itu berasal dari pulau Jawa yang hendak melakukan mudik ke Provinsi Lampung.

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, bersama Kapolresta dan Dandim 0410 Kota Bandarlampung turun langsung ke titik penyekatan.

"Sopir dan penumpangnya yang tidak dilengkapi dokumen bebas Covid-19, kita minta putar balik. Tadi ada bus yang kita putar balik," terang Kapolresta Bandar Lampung, Kombes Pol Yan Budi Jaya.

Melihat banyaknya kendaraan bus angkut penumpang yang tidak memiliki kelengkapan surat vaksin dan surat bebas covid-19, Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana juga bertindak tegas dengan meminta bus untuk putar balik ke daerah asal.

"Langsung saya cek. Pak Dandim dan Kapolres juga ngecek. Tadi kita minta putar balik," tegasnya.

Eva Dwiana berharap dengan diminta putar balik, masyarakat sadar tentang pentingnya kesehatan untuk keluarga.

"Datang atau pulang ke kampung kan untuk bertemu keluarga, ya harus dalam kondisi yang sehat," tandasnya.

Dia juga berharap, tindakan tegas yang diberikan pemerintah bisa memutus rantai penyebaran Covid-19, khususnya di Bandarlampung.

"Dengan begini, Insya Allah pandemi Covid-19 di Kota Bandarlampung bisa segera selesai," pungkas Eva Dwiana.

Untuk menindaklanjuti kebijakan larangan mudik, Polresta Bandarlampung mengerahkan 300 personil yang bertugas di sejumlah titik penyekatan di pintu masuk menuju Kota Bandarlampung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00