OJK Sambut Baik Pengukuhan TPAKD Kabupaten Mesuji

Kepala OJK Provinsi Lampung, Bambang Hermanto, saat pengukuhan TPAKD di Kabupaten Mesuji, Rabu(21/10/20)

KBRN, Mesuji: Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Kabupaten Mesuji diharapkan dapat mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah.

Kepala OJK Provinsi Lampung, Bambang Hermanto, Rabu(21/10/20), mengatakan, pengukuhan TPAKD di Kabupaten Mesuji oleh Bupati Mesuji menjadi kabar yang baik sebagai upaya mempercepat akses keuangan daerah di Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan tersebut.

"Program kerja TPAKD yang telah ditetapkan harus sejalan dan selaras dengan program Pemerintah Provinsi Lampung, selain itu program kerja harus mempunyai outcomes yang dapat memberikan dampak positif dan manfaat bagi masyarakat di daerah sehingga diperlukan keterlibatan stakeholders  di daerah sangat penting agar program kerja  TPAKD dapat berjalan efektif dan efisien," ujar Bambang Hermanto.

Selain itu TPAKD Kabupaten Mesuji diharapkan dapat menyediakan data dan informasi mengenai potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan serta melakukan koordinasi untuk menjamin perluasan akses keuangan di daerah.

Menurut Bambang ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan TPAKD Kabupaten Mesuji terkait dengan gerakan menabung bersama, penyaluran kredit KUR dan juga gerakan Mesuji sadar investasi serta Program Inklusi Keuangan Berencana (PIL KB).

Dirinya berharap keberadaan TPAKD Kabupaten Mesuji dapat mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah, menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan, serta mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif dan membiayai pembangunan sektor prioritas.

Sebelumnya Bupati Mesuji, Saply TH, mengatakan, target penyaluran KUR tahun 2020 di Kabupaten Mesuji ditargetkan sebesar Rp200 milyar, dan hingga September ini sudah Rp122 milyar dana yang disalurkan, sementara pada tahun 2021 mendatang ditargetkan Rp300 milyar dana KUR yang akan disalurkan di sektor prioritas, baik di perkebunan dan industri karet, kelapa sawit, pertanian padi serta UMKM.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00