Telur Lampung Siap Diekspor

Plt. Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Lili Mawarti

KBRN, Bandarlampung: Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan berencana akan melakukan ekspor telur, karena produksi telur di lampung sangat melimpah mencapai 200 ton perbulan.

Plt. Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Lili Mawarti, Rabu(07/10/20), mengatakan, pihaknya berencana akan mengekspor komoditi telur karena produksinya sangat melimpah.

Menurut Lili, jenis telur yang akan diekspor berasal dari peternakan yang telah memiliki sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV) level I.

NKV adalah bukti tertulis berupa sertifikat yang sah dan telah memenuhi persyaratan higiene sanitasi sebagai kelayakan dasar jaminan keamanan pangan asal hewan pada unit usaha pangan asal hewan yang diterbitkan oleh pemerintah.

Dijelaskan Lili Mawarti, produksi telur lampung saat ini mencapai 200 ton perbulan, dan jumlah tersebut bukan hanya mampu memenuhi kebutuhan daerah Lampung bahkan mampu menyuplai ke daerah lain.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan stakcholder terkait agar mimpi ini dapat segera teralisasi dalam waktu dekat.

“Kita akan usahakan bisa ekspor untuk komoditi telur, karena apa, farm-farm petelur kita yang sudah ber NKV level I sudah kita siapkan, tinggal kita mencari pasar mau ekspor kemana, kita sudah mengadu ke pemerintah pusat untuk pemasarannya,” ujar Lili Mawarti.

Lebih lanjut dikatakan, di Provinsi Lampung setidaknya ada 4 peternakan yang sudah memiliki sertifikat NKV level I tersebar di Tanggamus, Lampung Tengah serta Lampung Utara.

Dikatakannya, pangsa pasar yang ditargetkan untuk ekspor telur Lampung ada di Timur Tengah dan negara Malaysia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00