Pemprov Lampung Beupaya Menjaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok Jelang Idul Adha

Foto : nett

KBRN, Bandar Lampung : Pemerintah melakukan upaya dalam menjaga ketersediaan pangan aman, khususnya menjelang hari Raya Idul Adha tahun ini.

Namun tidak hanya ketersediaan pangan, masyarakat juga berharap stabilitas harga kebutuhan pokok dan sayuran tetap terjaga.

Terlebih saat ini beberapa harga komoditi kebutuhan pokok dan sayuran di tingkat pasar mulai mengalami lonjakan.

Sekretaris Dinas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Lampung Ofrial, mengakui, terjadi kenaikan harga kebutuhan pokok maupun beberapa komoditi sayuran ditingkat pasar.

Namun menurutnya, kenaikan harga tersebut bukan karena faktor akan memasukinya hari Raya Idul Adha, melainkan telah terjadi sejak beberapa waktu lalu.

Terkait dengan terjadinya kenaikan harga kebutuhan pokok dan beberapa komoditi sayuran tersebut, Ofrial menjelaskan, Pemerintah Provinsi Lampung telah melakukan rapat koordinasi bersama seluruh jajaran terkait guna menekan harga ditingkat pasar.

"Benar memang saat ini terjadi peningkatan harga kebutuhan pokok dipasaran. Kami telah melakukan rapat koordinasi, salah satunya dengan memutus mata rantai penjualan dari petani kepasaran, melalui pihak lain," jelasnya (5/7/2022).

Lebih lanjut dikatakan Ofrial, kenaikan harga kebutuhan pokok dan dan sayuran ditingkat pasaran didominasi oleh komoditi yang Provinsi Lampung bukan menjadi produsen utamanya.

Sehingga program kegiatan Operasi Pasar juga menurutnya dinilai menjadi salah satu upaya efektif menekan lonjakan harga ditingkat pasar.

​​​​

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar