Pemasaran Digital, Alternatif UMKM Berkontribusi Entaskan Kemiskinan

KBRN, Pringsewu : Pemasaran digital merupakan salah satu alternatif bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat terus berkontribusi dalam mengentaskan kemiskinan.

Hal ini disampaikan Dr.Fauzi, tokoh pendidikan sekaligus pendiri Yayasan Pendidikan Startech Lampung dalam orasi ilmiahnya di hadapan 319 wisudawan mahasiswa STMIK Pringsewu  pada acara Wisuda XXIII di Kampus B STMIK Pringsewu, Wonodadi, Gadingrejo, Minggu (26/06/22).

Upaya pengentasan kemiskinan tersebut, kata Dr.Fauzi, adalah dengan memberdayakan masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. "Dengan menggunakan digital marketing UMKM dapat menjangkau target pasar yang luas tanpa batasan letak geografis serta dengan biaya yang terjangkau", katanya. 

Disampaikan lebih lanjut bahwa tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui penggunaan strategi pemasaran digital pada 15 UMKM yang sudah go online dan implikasinya pada daya saing UMKM berdasarkan persepsi konsumen. "Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis kausalitas dengan teknik non-probability sampling. Dimana berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa digital marketing berimplikasi pada daya saing UMKM dalam memasarkan produknya sebesar 81% dan sisanya sebesar 19%. Hal ini disebabkan karena faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian seperti kabilitas permodalan,  pasokan sumberdaya,  dan profesionalitas manajerial", ujarnya. 

Pada acara Wisuda XXIII tahun 2022 STMIK Pringsewu, sebagai Wisudawan Terbaik Bidang Akademik, untuk prodi Sistem Informasi (SI) Strata I, sebagai Terbaik Pertama adalah Nur Latifah (IPK 3,69), Terbaik Kedua Anas Safitri (IPK 3,69) dan Terbaik Ketiga Yunita Ayuningsih (IPK 3,66). Sedangkan untuk prodi Manajemen Informatika (MI) Diploma III, sebagai Terbaik Pertama Nabella Kusuma (IPK 3,23), Terbaik Kedua Rido Irfal Saputra (IPK 3,22) dan Terbaik Ketiga Putri Hana Pratiwi (IPK 3,21).

Selanjutnya Wisudawan Terbaik Bidang Non-Akademik, yaitu Program Studi Sistem Informasi, diraih Nur Latifah (Publikasi dan Seminar Internasional), Yulia Evasari (Publikasi), Roby Miswanto (Publikasi), Ahmad Solihin (Skripsi), Khusnul Khatimah (Skripsi), Evi Dahlia (Skripsi), Rayhan Ade Pratama (Presma 2020-2021), Fara Gustiana Putri (Putri Kampus STMIK Pringsewu 2021) dan Nuraeni (Putri Hijab Lampung 2021). (*/ Isnanto Hapsara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar