Geliat UMKM Lampung Bangkit Pasca Pandemi

KBRN Bandarlampung, momentum pasca pandemi COVID - 19 diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk melipatgandakan UMKM yang ada di Provinsi Lampung seiring dengan permintaan produk lokal yang terus meningkat.

Pengamat Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Lampung, Arif Darmawan, membenarkan geliat UMKM di Provinsi Lampung terus bangkit pasca pandemi. Hal tersebut menurutnya dapat dilihat dari pertumbuhan kredit, menerimaan bantuan relaksasi kredit, dan pengembangan usaha setelah pandemi.

Momentum setelah pandemi ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk melipatkangdakan UMKM yang ada di Provinsi Lampung seiring dengan permintaan produk lokal yang terus meningkat. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 14 Mei 2020 dengan tujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk UMKM lokal diharapkan dapat membuat pelaku IKM terus beradaptasi dan berinovasi mengikuti globalisasi dan dapat semakin bangkit menopang perekonomian bangsa pasca pandemi.

"masyarakat Indonesia juga diharapkan untuk membeli produk dari para pelaku UMKM atau IKM yang terdampak krisis saat pandemi Covid-19 ini sebagai bentuk dukungan bagi para pelaku UMKM atau IKM", ungkap Arif Darmawan (26/06/2022).

Salah satu pelaku UMKM di Provinsi Lampung, Laila Al Khusna, mengungkapkan untuk terus bersaing di pasar lokal dan global, UMKM harus terus bertahan, kreatif dan tetap berinovasi terutama setelah pandemi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar