UMKM Harus Mampu Menjadi Penggerak Perekonomian Daerah

KBRN, Pringsewu : Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus mampu menjadi penggerak perekonomian daerah. 

Hal tersebut dikatakan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah pada Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten Pringsewu di aula utama pemkab setempat, Selasa (21/06/22).

Menurut Adi, UMKM mempunyai peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Selain merupakan kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar, termasuk di Kabupaten Pringsewu, UMKM juga terbukti mampu bertahan dalam menghadapi  berbagai tekanan dan krisis ekonomi. "Oleh karena itu, pentingnya untuk melakukan penguatan terhadap UMKM ini", katanya.

Lebih lanjut diungkapkan oleh Adi Erlansyah bahwa Pringsewu telah ditetapkan Pemerintah Provinsi Lampung sebagai salahsatu Sentra Tapis di Provinsi Lampung, bersama dua daerah lainnya yaitu Kabupaten Tanggamus dan Pesisir Barat. "Hal ini tentunya merupakan peluang sekaligus perlu disikapi bersama,  bagaimana membuat dan menampilkan tapis dengan ciri khas Pringsewu. Sebab, hampir semua kabupaten kota di Provinsi Lampung ini juga memproduksi tapis. Untuk itu perlu adanya sentuhan desainer agar ada motif khusus yang dapat menjadi ciri khas Kabupaten Pringsewu", ujarnya.

Sehingganya perlu adanya pelatihan-pelatihan bagi para pengrajin tapis yang ada, khususnya di Sentra Tapis Kabupaten Pringsewu di Pekon Lugusari, Kecamatan Pagelaran. Ini tentunya juga memerlukan dukungan semua pihak, dan menjadi tugas pemerintah daerah untuk memfasilitasi. (*/ Isnanto Hapsara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar