Akses Modal dan Pemasaran Menjadi Masalah Utama Pelaku UMKM di Way Kanan

Salah Satu Produk UMKM di Way Kanan

KBRN,Way Kanan: Persoalan mendasar dari usaha kecil menengah dan mikro yakni belum adanya belum adanya kemajuan yang signifikan dari kelembagaan maupun tingkat produktifitas usaha, Masalah mendasr yang sering dihadapi UMKM paling uatam terbatas nya akses permodalan, Tekhnologi, Informasi dan pemasaran.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Way Kanan, Ali Rahman saat menjadi pemateri pelatihan usaha kecil menengah dan mikro

Ali Rahman juga menjelaskan Berdasarkan permaslaahan tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan melalui dinas terkait seperti dinas koperasi dan UMKM , dinas penanaman modal pelayan terpadu satu pintu, (DPMPTSP) serta dinas perindustrian, perdagagagan dan pasar (INDAGSAR) mengambil langkah kongkrit dengan menumbuh kembangkan wira usaha baru dan memberdayakan ekonomi rakyat berbasis kawasan serta didukung infrastruktur yang memadai.

Sementara itu kepala dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Way Kanan, Rinaldi mengatakan saat ini pemkab Way Kanan sedang melakukan inventarisasi jumlah pelaku UMKM yang ada di Way Kanan.

Rinaldi menjelaskan tujuan dari inventarisasi tersebut nantinya akan diberikan pembinaan baik dari segi managemen kualitas produk maupun managemen pemasaran.

Lebih lanjut Rinaldi menjelaskan saat ini di Kabupaten Way Kanan sudah ada lebih dari 37 ribu pelaku UMKM yang telah terdata, serta akan menjadi konsern pembinaan pemkab way kanan agar perekonomian dapat berputar sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.      

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar