Pemkab Pringsewu Ganti Nama IMB Menjadi PBG

KBRN, Bandar Lampung : Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Perizinan Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu, dan Satu Pintu (DPMPTSP) menggati nama Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Kepala Dinas Perizinan Pringsewu Ihsan Hendrawan mengatakan penggantian nama itu di mulai tahun 2022 awal tahun ini.

Perintah penggantian nama IMB itu di atur dalam undang undang no 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah 16 tahun 2021 tentang peraturan pelaksana UU nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

”Dalam undang undang Cipta Kerja itu, bahwa daerah harus menyiapkan PBG melalui Sistim Informasi Bagunan Gedung (SIMBG),” kata Ihsan Hendrawan, (12/1/2022).

Untuk aplikasi SIMBG itu kata Ihsan ada pada Dinas Pekerjaan Umum. Karena Dinas PU yang berurusan dengan teknisnya

”Untuk syarat syaratnya sama seperti membuat IMB,” imbuhnya

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa sesuai dengan amanah undang undang tersebut bahwa setiap orang yang ingin membangun sebuah bangunan maka harus mencantumkan fungsi dari bangunan dalam PBG-nya.

“Fungsi bangunan itu meliputi fungsi hunian, fungsi keagamaan, fungsi usaha, fungsi sosial dan budaya dan fungsi khusus,” jelas dia

Termasuk dalam fungsi khusus, aturan ini juga memperbolehkan adanya bangunan dengan fungsi campuran atau memiliki lebih dari satu fungsi.

“Namun demikian, bangunan campuran atau multifungsi ini wajib memenuhi standar teknis dari masing-masing fungsi bangunan yang digabungkan tersebut,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar