Bupati Pringsewu Ingin Ada Perguruan Tinggi Al-Qur'an di Pringsewu

KBRN Bandarlampung, Bupati Pringsewu Sujadi menginginkan berdirinya Perguruan Tinggi Al-Qur'an di Kabupaten Pringsewu. Keinginan tersebut menurutnya tidaklah berlebihan, mengingat ketersediaan Sumber Daya Manusia di Pringsewu yang dinilai sudah memungkinkan.

Keinginan tersebut disampaikan Bupati Pringsewu saat menerima kedatangan Kafilah Kabupaten Pringsewu yang mengikuti MTQ Provinsi Lampung ke-48 di Aula Utama pemkab setempat, Kamis (2/12/21).

Menurut bupati, di Kabupaten Pringsewu banyak  orang-orang berkompeten di bidang Al-Qur'an, mulai yang berpendidikan S3 dan S2, terlebih yang S1, termasuk sarana dan prasarana yang cukup memadai. 

"Apalagi di Provinsi Lampung memang belum ada Perguruan Tinggi khusus Al-Qur'an, sehingga memungkinkan jika nanti  di Pringsewu berdiri Perguruan Tinggi Al-Qur'an", ujarnya.

Sebagai embrionya, kata Sujadi, adalah dengan menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Lampung untuk menjadikan Islamic Centre Kabupaten Pringsewu sebagai Pusat Pengembangan Al-Qur'an atau Baitul Qur'an. 

"Jika tidak memungkinkan di periode saya, hal ini bisa untuk disampaikan kepada Bupati Pringsewu berikutnya, akan cita-cita masyarakat Pringsewu ini", pesan Sujadi.

Terkait MTQ Provinsi Lampung ke-48 tahun 2021 yang telah selesai digelar di Islamic Centre, Rajabasa, Bandar Lampung, 26 November-2 Desember 2021, dimana Kabupaten Pringsewu meraih Juara Ketiga di bawah Kabupaten Lampung Utara sebagai Juara Kedua dan Kabupaten Tanggamus sebagai Juara Umum, Bupati Pringsewu menyampaikan rasa bangga, karena di tengah keterbatasan yang ada, Pringsewu masih dapat berprestasi dan bahkan meningkat dari tahun sebelumnya. 

"Karenanya, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua kafilah Kabupaten Pringsewu, baik peserta musabaqah, official serta pelatih yang telah berjuang keras selama mengikuti MTQ Provinsi Lampung ke-48", katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi mengatakan Kafilah Kabupaten Pringsewu seluruhnya berjumlah 110 orang, terdiri dari peserta lomba 60 orang dan official 50 orang, yang mengikuti semua cabang dan tangkai yang dilombakan.

Acara penyambutan Kafilah Kabupaten Pringsewu pada MTQ ke-48 Provinsi Lampung ini juga dihadiri Kepala Kementerian Agama Pringsewu Ahmad Rifa'i serta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda Kabupaten Pringsewu. (*/ Isnanto Hapsara)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar