BI Lampung Sosialisasikan Cinta Bangga dan Paham Rupiah

Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah KPw BI Provinsi Lampung, Hendra Irawan.

KBRN, Lampung Selatan: Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung melakukan sosialisasi Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah kepada sejumlah jurnalis, Jumat(08/10/2021).

Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah KPw BI Provinsi Lampung, Hendra Irawan mengatakan, sosialisasi dimaksud agar lebih menumbuhkan rasa cinta dan bangga bahwa rupiah merupakan identitas bangsa dan simbol negara, serta paham jika rupiah memiliki fungsi penting dalam perekonomian Indonesia.

“Rupiah harus dirawat, dikenali dan menjaganya sebagai wujud cinta. Rupiah harga mati sebagai simbol kedaulatan negara, dan pemersatu bangsa serta dan satu-satunya alat pembayaran sah,” kata Hendra Irawan.

Oleh karena itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lampung mengajak masyarakat untuk mencintai rupiah sejak sekarang, cinta rupiah merupakan perwujudan dari kemampuan masyarakat untuk mengenal karakteristik dan desain rupiah secara mendalam.

“Jadi  kita semua terutama masyarakat harus memperlakukan rupiah secara tepat serta menjaga diri dari kejahatan uang palsu,” ajaknya.

Hendra menambahkan, cinta rupiah bisa dilakukan dengan tiga M yakni mengenali, merawat, dan menjaga rupiah tersebut.

"Cara untuk cinta rupiah yakni mengenali ciri keasliannya (warna rupiah terang dan jelas, terdapat benang pengaman, colour shifting, gambar tersembunyi multi warna, gambar tersembunyi dan lainnya, kemudian merawat rupiah dengan cara jangan dilipat, dicoret, distapler, diremas dan  dibasahi, lalu setiap orang harus menjaga rupiah jangan malah memalsukan rupiah,” ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00