FOKUS: #PPKM MIKRO

BPKP Lampung Kawal Penyaluran BST dan Bantuan Beras PPKM

BPKP Lampung Kawal Penyaluran BST dan Bantuan Beras PPKM
BPKP Lampung Kawal Penyaluran BST dan Bantuan Beras PPKM
BPKP Lampung Kawal Penyaluran BST dan Bantuan Beras PPKM

KBRN, Bandarlampung: Tim Pengawasan dan pemantauan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Beras (BB) masa PPKM dimpimpin langsung Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Sumitro, dan didampingi Koordinator Pengawasan JFA Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat, Suharyanto.

Dalam monitoring tersebut Sumitro dan tim didampingi Kepala Kantor Pos Pemeriksa (KPRK) Bandar Lampung, Fernanda, yang juga turut menyaksikan penyaluran BST kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan program  yang digulirkan Kementerian Sosial RI dan akan diberikan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 dengan besaran Rp300.000,00 per keluarga per bulan.  BST yang diserahkan pada saat ini adalah untuk periode Mei dan Juni 2021. 

Tercatat realisasi penyaluran BST Provinsi Lampung Tahap 1-4 adalah sebesar 88,15% dari alokasi yang ditetapkan sebesar 806.871 KPM.

Kegiatan penyerahan pertama ini dilakukan secara simbolis kepada 5 KPM di Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan pada Minggu (18/7/2021)

Penyaluran BST Provinsi Lampung tahap Mei - Juni 2021 mulai dibayarkan Hari Sabtu 17 Juni 2021 di Kota Metro dilanjutkan secara paralel di Kabupaten Lampung Selatan pada Minggu 18 Juni 2021. Dan kegiatan ini akan terus berlangsung door to door hingga 20 hari kedepan.

Prioritas pembayaran dalam beberapa hari ke depan adalah KPM lansia, sakit dan difabel dilakukan secara door to door. Untuk daerah yang ditetapkan PPKM darurat akan dilakukan pembayaran dengan metode door to door ke seluruh KPM, sedangkan untuk daerah yg tidak ditetapkan PPKM akan dilakukan pembayaran secara komunitas terjadwal di seluruh Kantor Pos Cabang dengan maksimal 200 KPM dalam satu hari. 

Target penyaluran selama 20 hari meliputi 4 kabupaten dan 1 kota sebanyak 97.384 KPM dan untuk se-Provinsi Lampung sebanyak 221.215 KPM.

Sementara itu, bertempat di Gudang Bulog Divisi Regional Lampung, tim monitoring Perwakilan BPKP Provinsi Lampung juga menyaksikan dilakukannya launching Bantuan Beras masa PPKM 2021 yang diambil dari Cadangan Beras Pemerintah yang akan dibagikan untuk KPM di wilayah Provinsi Lampung.

Program Bantuan Beras Masa PPKM (BB-PPKM Tahun 2021) yang diberikan sebanyak 6.980 ton kepada kurang lebih 698.000 KPM dari Program Bansos PKH dan BST. 

Rencana pelaksanaan pendistribusian dimulai dari tanggal 18 Juli sampai dengan 21 Juli 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00