Persentase Kematian Akibat Covid-19 Di Lampung Diatas Angka Nasional

KBRN, Bandarlampung: Angka kematian akibat Covid-19 di Provinsi Lampung mencapai 5,40%, angka tersebut diatas angka nasional 2,90%,  lima daerah di Lampung menyumbang angka tertinggi kasus kematian karena virus tersebut.

Kadis Kesehatan Provinsi, Reihana dalam rakor penanganan Covid-19 se Provinsi Lampung, Selasa(19/01/21), mengatakan, berdasarkan data per 18 Januari angka kematian akibat Covid-19 di Provinsi Lampung saat ini sebesar 5,40%, angka tersebut diatas angka nasional yaitu 2,90%.

Untuk  lima besar kasus komulatif menurut Reihana ada di Bandar Lampung, Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Selatan dan Tanggamus.

"Sedangkan angka kematian saat ini 5,40%, 5 besar angka kematian terjadi di Lampung Barat, Bandar Lampung Lampung Selatan, Tanggamus dan Metro," ujar Reihana.

Dijelaskan Reihana, berdasarkan hasil analisa pihaknya menemukan bahwa beberapa kasus meninggal disebabkan banyak pasien yang usia lanjut,  memiliki penyakit penyerta, terlambat tiba di rumah sakit yaitu kasus dengan gejala berat dan kritis, sebagian besar rumah sakit rujukan covid 19 tidak memiliki ruang ICU covid-19 sehingga semua pasien dalam keadaan darurat atau kritis dirujuk ke RSAM, pasien konfirmasi positif gejala yang melakukan isolasi Mandiri di rumah tidak termonitor dengan baik oleh nakes, sehingga ada beberapa kasus mengalami perburukan dan terlambat mendapat pelayanan kesehatan saat tiba di rumah sakit.

Lebih lanjut dikatakan,  untuk angka kesembuhan per 18 Januari di Provinsi Lampung sebesar 72,23%, di mana 5 besar yang selesai isolasi atau sembuh ada di daerah Pesisir Barat, Tulangbawang, Tanggamus, Pringsewu dan Way Kanan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00