Sembilan Ekor burung Elang Brontok Gagal Diselundupkan

KBRN, Bandar Lampung – Upaya penyelundupan satwa dilindungi dari jenis burung elang brontok kembali digagalkan oleh tim gabungan yang terdiri dari Karantina Pertanian Lampung, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan NGO pemerhati satwa Jakarta Animal Aid Network (JAAN), Senin (16/11) pukul 21.30 WIB.

Satwa yang termasuk dilindungi dari jenis elang brontok (Nisaetus cirrhatus) ini dibawa menggunakan bus antar propinsi yang rencana akan dibawa menuju Jawa Timur, dan tim gabungan menemukan satwa ilegal tersebut berada di dalam kardus yang diletakan di bagasi kendaraan.

"Setelah dimintai keterangan oleh Petugas, awak bus mengaku bahwa paket tersebut merupakan titipan dari salah seorang yang berasal dari Lampung Selatan dan pihaknya mengaku tidak tau menahu prihal isi dari paket tersebut”, ujar drh. Muh Jumadh, Ka Balai Karantina Pertanian Lampung.

"Karena tidak dilengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan serta tidak dilaporkan kepada Pejabat Karantina, maka satwa tersebut dilakukan penahanan dan selanjutnya akan diserahterimakan ke BKSDA untuk proses lebih lanjut," ujar Jumadh.(tgh)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00