Kebun Raya Liwa Kembangkan Ribuan Anggrek

Sejumlah pelajar berfoto di depan Taman Araceae, Kebun Raya Liwa/ist

KBRN, Lampung Barat : Kebun Raya Liwa Kabupaten Lampung Barat memiliki Taman Araceae berisi ribuan anggrek hasil eksplorasi perkebunan atau kawanan hutan di Kabupaten Lampung Barat. Kekayaan aneka ragam anggrek tersebut dapat mendukung fungsi penelitian, konservasi, dan wisata alam.

Kebun Raya Liwa memiliki Taman Araceae yang menjadi tempat pemeliharaan, pengembangan, serta penelitian anggrek.

“Kebun Raya liwa memiliki 1.026 jenis dan baru teridentifikasi sekitar 103 anggrek,” terang Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Lampung Barat, Noviardi Kuswan.

Menurutnya, karena begitu banyak ragam anggrek, Taman Araceae menjalankan fungsi penelitian, konservasi, dan wisata. Noviardi menjelaskan, ribuan jenis anggrek yang kini masih dalam proses pengembangan dan penelitian ditempatkan di Rumah Paranet.

Dia menegaskan, untuk mengembangkan anggrek yang ada di Kebun Raya Liwa, pihaknya menggandeng LIPI dan Universitas Lampung.

“Anggrek koleksi Kebun Raya Liwa merupakan hasil eksplorasi berbagai hutan. Banyak jenis anggrek baru ditemukan atau diteliti termasuk di Taman Araceae. Sebagian anggrek jenis langka sengaja dikembangkan agar tidak punah,” paparnya.

Novriadi menambahkan, koleksi anggrek yang ada di Kebun Raya Liwa, menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pengunjung lokal maupun wisatawan, khususnya penggemar anggrek, bukan hanya dapat memanjakan mata dengan keindahan ribuan jenis bunga langka, namun sekaligus belajar mengembangkan atau pembibitan.

Taman Araceae juga mendukung fungsi Kebun Raya Liwa sebagai sarana edukasi bagi pelajar SD hingga SMA, serta pusat penelitian mahasiswa hingga lembaga ilmiah.

“Kami optimis akan semakin banyak wisatawan yang mengunjungi Kebun Raya Liwa termasuk Taman Araceae, karena lokasinya berada di pusat Kota Liwa,” tutup Noviardi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00