Antisipasi Bencana Hidrometerorologi, BPBD Lampung Intensifkan Koordinasi

KBRN, Bandarlampung : Prediksi potensi terjadinya bencana Hirometeorologi dari Stasiun Klimatologi BMKG Lampung pada musim hujan tahun ini, mendapat respon dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Lampung Nasdan mengatakan, dalam merespon peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Lampung, jajarannya telah melakukan koordinasi secara intensif dengan jajaran BPBD Kabupaten Kota se - Provinsi Lampung.

Koordinasi tersebut dilakukan guna mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang guna mengantisipasi maupun meminimalisr dampak yang timbul jika terjadi bencana Hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor.

Bahkan selain bencana alam, menurutnya BPBD Provinsi Lampung bersama leading sektor terkait, juga melakukan upaya antisipasi terjadinya wabah penyakit yang sering muncul saat musim hujan tiba.

Sementara terkait upaya pencegahan, menurut Nasdan, hal tersebut tidak dapat dilakukan secara instan, melainkan harus dilakukan dengan sinergitas yang tinggi antara unsur pemerintah dan masyarakat.

“Upaya antisipasi kami lakukan dengan mengintensifkan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Kota se Provinsi Lampung. Selain pemetaan wilayah rawan bencana, koordinasi ini juga guna menyiapkan sarana prasarana penunjang, dalam mengahdapi bencana hidrometeorologi,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Nasdan, optimalisasi desa tangguh bencana juga menurutnya merupakan salah satu upaya yang dilakukan BPBD untuk meminimalisir maupun mencegah terjadinya bencana alam.

Untuk itu BPBD juga berharap, unsur dalam pemerintahan desa yang telah ditetapkan menjadi Desa Tangguh Bencana, dapat pro aktif memberikan sosialisasi kebencanaan terhadap masyarakat, baik diwilayah desa bersangkutan maupun desa yang berdekatan dengan desa tangguh bencana.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00