Rapid Test Reaktif, Staf dan Sejumlah Pejabat di Pesbar Jalani Swab

Kadis Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko/ist

KBRN, Pesisir Barat : Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) langsung bergerak cepat melakukan rapid test massal terhadap ratusan pegawai.

Selain pegawai di Sekretariat Pemerintah Kabupaten (Pemkab), rapid test juga dilakukan terhadap pegawai dari OPD serta instansi lain di lingkungan Pemkab Pesisir Barat.

"Sejak Senin kemarin sampai hari ini kita melakukan rapid test terhadap pegawai.  Total ada 221 pegawai yang sudah menjalani rapid test. Selain staf sekretariat, ada juga pegawai dari sejumlah OPD lain," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko, kepada rri.co.id, Selasa (22/9/2020) malam.

Dia menjelaskan, dari hasil rapid test yang dilakukan selama 2 hari terakhir, hasilnya  sebanyak 17 pegawai didapati reaktif. "Ada yang staf dan ada juga pejabat yang reaktif berdasarkan rapid test. Mereka langsung kita swab. Malam ini sudah kami kirim sampel swab ke Labkesda di Bandarlampung," paparnya.

Meskipun hasil rapid reaktif, namun belum bisa dipastikan ke-17 pegawai positif terpapar Covid-19. "Jadi kita masih menunggu hasilnya. Mudah-mudahan nanti hasilnya negatif ya," harap Tedi.

Selain 17 pegawai yang menjalani swab, Tedi juga memastikan, pihaknya sudah mengambil sampel swab keluarga, sopir, ajudan serta asisten rumah tangga Sekretaris Daerah Pesisir Barat, N Lingga Kusuma.

"Tadi sampel swab-nya sudah diambil. Pengambilan swab dilakukan di Puskesmas Hajimena, Natar, Lampung Selatan, sesuai domisili Pak Sekda," tandasnya.

Tedi memastikan, jika nantinya hasil swab 17 pegawai maupun keluarga dinyatakan positif, pihaknya akan kembali melakukan tracing.

"Iya, sesuai pedoman penanganan Covid-19, tentu akan dilakukan tracing kembali. Yang pasti kita tunggu hasil pemeriksaan swab untuk menentukan langkah selanjutnya," pungkas Tedi.

Diketahui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pesisir Barat N. Lingga Kusuma positif terpapar Covid-19.

Lingga ditetapkan sebagai pasien nomor 723 dengan usia 58 tahun. Ia terkonfirmasi Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR pada 19 September 2020.

Saat ini N. Lingga Kusuma menjalani isolasi mandiri di rumah, lantaran tidak menunjukkan gejala.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00