Balai Uji Kendaraan Kota Metro Mulai Beroperasi

Kepala Dinas Perhubungan Kota Metro, Zulpikri, saat melihat proses Uji Kendaraan, Rabu (12/8/2020)

KBRN, Metro : Balai Uji Kendaraan Bermotor atau KIR di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro mulai beroperasi sejak Senin 10 Agustus 2020.

Operasional Balai Uji Kendaraan dilakukan setelah sebelumnya Dinas Perhubungan Kota Metro merampungkan proses akreditasi di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

"Alhamdulillah setelah 12 tahun vakum, Balai Uji Kendaraan di Dishub Kota Metro sudah kembali beroperasi," jelas Kepala Dinas Perhubungan Kota Metro, Zulpikri, Rabu (12/8/2020).

Dia menjelaskan operasional Balai Uji Kendaraan di Kota Metro membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang. Sebab, harus melalui akreditasi yang dilakukan langsung oleh Kemenhub.

"Prosesnya cukup panjang. Tapi setelah berbagai tahapan kami dilalui, Balai KIR akhirnya mendapatkan Akreditasi Type B dari Kemenhub dan resmi beroperasi," katanya.

Zulpikri menambahkan keberadaan Balai Uji Kendaraan akan memudahkan masyarakat Kota Metro yang selama ini terpaksa harus ke Lampung Tengah, untuk mengurus uji kendaraan.

"Balai KIR ini akan memudahkan masyarakat. Apalagi proses pengajuannya bisa dilakukan secara online melalui website www.dishub.metrokota.go.id dan inovasi ini juga meminimalisir kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta  pungutan liar (pungli)," tegas Zulpikri.

Dia berharap dengan kembali beroperasinya Balai Pengujian banyak masyarakat yang melakukan pengujian kendaraan sehingga dapat mendongkrak PAD Kota Metro.

"Ada 6 ribu lebih kendaraan yang akan melakukan KIR setiap enam bulan di Dishub Kota Metro. Tidak hanya kendaraan dari Kota Metro saja, tapi juga dari Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Kabupaten Lampung Selatan," tandasnya.

Meskipun sudah mulai beroperasi, namun kendaraan yang akan melakukan uji dibatasi sebanyak 20 unit kendaraan. "Pembatasan ini langsung dari pusat. Namun, yang sudah mendaftar tetap kami layani untuk esok hari," pungkas Zulpikri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00