Perguruan Tinggi Harus Mampu Menciptakan SDM Yang Siap Menghadapi Perkembangan Zaman

KBRN, Bandar Lampung : Pemerintah memberikan arah kebijakan strategis dangan memberi keleluasaan perguruan tinggi Institut Teknologi Sumatra (Itera) untuk membuka prodi yang mampu menjawab kebutuhan dan pembangunan di wilayah Sumatra.

Direktur Pendidikan Tinggi Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan Bappenas RI Dr Hadiat MA usai peresmian penggunaan Laboratorium Institut Teknologi Sumatra (Itera) di Lampung mengatakan, pendidikan memiliki peran dalam menunjang pembangunan ditengah persaingan gelobal.

Untuk itu pemerintah melakukan arah dan strategi kebijakan untuk memberikan kekeluasan terhadap dunia pendidikan terutama perguruan tinggi di Indonesia untuk membuka prodi yang sesuai dengan kebutuhannya.

Demikian juga dengan para dosen untuk bisa melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, begitu juga dengan para mahasiswanya tidakhanya harus fokus pada prodi yang dipilih. Para mahasiswa lulusan prguruan tinggi dapat mengembangkan prodi lainnya yang akan menjadi kesiapan bagi mereka untuk lulus dan setelah lulus kuliah.

Namun menurutnya saat ini perguruan tinggi diberikan untuk mengembangkan pendidikan sesuai dengan kafasitas dan kebutuhan masyarakatnya termasuk perguruan tinggi Itera. Jadi diera pemerintahan saat ini sangat fleksibel,namun yang menjadi salah satu ukuran yaitu kualitas sejauh mana lulusan dari perguruan tinggi itu dapat diterima bekerja. Lebih cepat kelulusan mendapatkan pekerjaan itu merupakan salah satu indikator bahwa perguruan tinggi tersebut baik.

“Berbagai jenjang pendidikan sudah kita lakukan khusnya di pendidikan tinggi kemarin pak Mentri Pendidikan dan Kebudayaan membarikan keleluasaan semua perguruan tinggi untuk lebih otonom, jadi membuka prodi-prodi yang sesuai dengan kebutuhannya,”Ujarnya.           

Lebih lanjut Dr Hadiat MA mengungkapkan bahwa terkait harapan presiden RI Joko widodo bahwa Itera harus mampu melakukan percepatan dalam menghadapi revolusi industri 4.0 dimaksudkan sesuai dengan kebutuhan jaman.

Sehingga perguruan tinggi Itera harus mampu menyesuaikan kebutuhan jaman tersebut dan pemerintah juga tentunya mendorong perguruan tinggin lainnya untuk hal tersebut. Perguruan tinggi harus mampu menjawab perkembangan jaman agar dapat mendukung kebutuhan pembangunan bangsa.

“Revolusi 4.0 yang diharapkan itu adalah sesuai dengan kebutuhan jaman, jadi tentu ini sudah bisa kita bayang kan kelulusan dari sekarang, pasti kedepan ini kebutuhan-kebutuhan, pastinya ada kebutuhan yang akan berbeda dan itu perguruan tinggi harus mampu merespon itu”Ungkapnya.

Dijelaskan juga bahwa Itera merupakan perguruan tinggi yang memiliki kafasitas teknologi yang memiliki potensi yang dapat menun jang pembangun yang tentunya harus di imbangi juga dengan soft skill, kemampuan atau karekter para siswa yang mampu menghadapi kehidupan nyata setelah lulus kuliah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00