Tahun 2024, Kota Metro Targetkan Penurunan Stunting Hingga 14 Persen

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin saat menghadiri Rembuk Stunting beberapa waktu lalu/Foto: dok istimewa

KBRN, Metro: Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menargetkan penurunan prevalensi stunting dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020 hingga 2024 mendatang sebesar 14 persen.

Penurunan prevalensi stunting di Kota Metro tersebut ditargetkan terealisasi hingga tahun 2024.

"Pemerintah sudah menetapkan target penurunan prevalensi stunting dalam RPJMN 2020-2024 sebesar 14 persen di tahun 2024," kata Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin, Selasa (09/8/2022).

Menurutnya, untuk dapat mencapai target tersebut dibutuhkan kerja keras dari semua pihak baik Pemerintah maupun masyarakat.

"Diperlukan rata-rata penurunan prevalensi stunting 2,7 persen setiap tahun. Ini jika kita menggunakan dasar prevalensi stunting tahun 2019 sebesar 27,7 persen," terangnya.

Atas dasar itu lanjut Wahdi, Pemerintah telah menyusun strategi nasional (Stranas) percepatan penurunan stunting tahun 2018-2024, berlandaskan 5 pilar.

"Pertama komitmen dan visi kepemimpinan nasional dan daerah, kampanye nasional dan perubahan perilaku, konvergensi program pusat, daerah dan desa atau kelurahan, ketahanan pangan dan gizi, dan pemantauan serta evaluasi," sambung Wahdi.

Oleh karena itu kata Wahdi, dalam upaya  percepatan penurunan stunting, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

"Tapi kami menyadari, tanpa adanya dukungan dari semua pihak, target penurunan stunting 14 persen pada tahun 2024, tidak akan berjalan secara maksimal. Itu sebabnya melalui rembuk stunting diharapkan terbangun komitmen bersama dalam penurunan stunting yang dilakukan secara terintegrasi," imbuhnya.

Dirinya berharap masyarakat di Kota Metro bergerak bersama dalam mendorong terwujudnya peningkatan kualitas hidup.

"Harapan saya apa yang sudah diupayakan dalam meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik dapat tercapai sesuai visi Kota Metro terwujudnya Kota Metro Berpendidikan, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya," pungkas Wahdi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar